• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Ma'arif dan Pergunu Jombang Bersinergi Kuatkan Literasi

Ma'arif dan Pergunu Jombang Bersinergi Kuatkan Literasi
Rapat koordinasi PC LP Ma'arif dan PC Pergunu Jombang membahas penguatan literasi. (Foto: Istimewa)
Rapat koordinasi PC LP Ma'arif dan PC Pergunu Jombang membahas penguatan literasi. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif dan Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jombang, Jawa Timur menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait sinkronisasi program antarkeduanya di aula Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang, Rabu (22/1).

Salah satu poin FGD yang difasilitatori H Hadi Syaifudin, Wakil Ketua PCNU bidang koordinasi antarBanom adalah lembaga dan badan otonom (Banom) NU ini bersepakat untuk menguatkan dunia literasi di masing-masing instansinya. Para pengurus dari kedua instansi NU menyadari akan pentingnya literasi di lingkungan madrasah, pun demikian juga pengembangan literasi di guru-guru NU. Pada perkembangan teknologi informasi yang kian pesat, literasi tidak bisa ditinggalkan.

"Ada titik temu antara Pergunu dan Ma’arif. Di antaranya penguatan literasi. Secara teknis nanti akan diagendakan pelatihan menulis berita yang sudah di-MoU-kan oleh LTNNU dan Ma’arif juga akan melibatkan Pergunu," kata Ketua PC LP Ma'arif Jombang, Nur Khozin.

Sebagai tindak lanjutnya, para peserta rapat juga menyepakati akan diselenggarakan pelatihan-pelatihan jurnalistik secara kontinu. Pelatihan dimodel bergantian di setiap kecamatan, khususnya kecamatan yang Pergununya sudah berdiri. Hal ini dilakukan agar semua madrasah dan guru-guru NU bisa belajar tentang ilmu jurnalistik, mulai tingkat dasar hingga materi-materi pengembangan jurnalistik.

"Ini sedanag kita susun jadwal latihannya, dua Minggu sekali atau satu bulan sekali. Rencana kita, kita gelar di kecamatan-kecamatan atau di sejumlah MWCNU," ujarnya 

Lebih dari sekadar penguatan literasi, sinergi ini juga sebagai media yang dinilai cukup efektif untuk bisa membantu terbentuknya kepengurusan Pergunu di tingkat kecamatan-kecamatan ke depan. Saat ini, kata dia, masih ada tujuh kecamatam yang masih belum terbentuk. 

"Nah untuk MWCNU yang belum berdiri Pergunu sekaligus nanti kita fasilitasi Pergunu untuk mendirikannya. Hari ini ada tujuh PAC yang belum berdiri Pergununya. Dalam waktu dakat kita akan garap di Ngusikan atau Utara Berantas," jelasnya.

Pria yang kerap disapa Khozin itu menambahkan, sinergi Ma'arif dan Pergunu selama ini terjalin cukup baik. Beberapa program yang memiliki tujuan yang sama selalu dilaksanakan secara bersama-sama. Hal ini juga sangat membantu menjalankan program-program Ma'arif dan Pergunu lebih maksimal.

"Beberapa hal lain yang disepakati Ma'arif dan Pergunu adalah untuk saling menguatkan bidang-bidang mana yang menjadi lahan garap Ma'arif dan mana yang menjadi lahan garap Pergunu akan semakin diefektifkan. Termasuk juga kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan seperti penguatan ideologisai Aswaja," pungkasnya.

Pewarta: Syamsul Arifin


Editor:

Daerah Terbaru