• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Sabtu, 20 April 2024

Daerah

Lima Kepengurusan Ranting Vakum, IPNU-IPPNU Kesamben Lakukan Turba

Lima Kepengurusan Ranting Vakum, IPNU-IPPNU Kesamben Lakukan Turba

NU Jombang Online,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur intens turun ke bawah (Turba) keliling satu bulan dua kali. Ini dilakukan guna menghidupkan beberapa Pimpinan Ranting (PR) IPNU dan IPPNU yang vakum. Juga sekaligus membentuk kepengurusan ranting yang belum terbentuk.

Turba keliling terbaru mereka dilakukan di Ranting Kedungbetik, tepatnya di Masjid Ar Rahmah Dusun Ngemprak, Senin (13/5).

Ketua IPPNU Kesamben, Nuril Asmaul Husna mengatakan, di tahun pertama kepemimpinannya akan merevitalisasi PR yang vakum. Ia memaparkan, dari 14 desa di kesamben baru terbentuk 9 kepengurusan tingkat ranting. Itu pun hanya 4 ranting yang diketahui aktif. 

"Empat ranting itu yakni PR Jombatan, Jatiduwur, Gumulan serta Pojokkulon, dan yang 5 masih vakum," katanya.

Dirinya berupaya secepat mungkin untuk menggerakkan kembali 5 kepengurusan ranting yang vakum itu. Ia mengaku sudah menginstruksikan kepada jajaran pengurus ranting yang bersangkutan agar segera berkoordinasi menyusun kegiatan.

"Kita fokus Turba untuk mendahulukan 5 ranting yang vakum itu agar lekas bergerak untuk membuat kegiatan. Setelah itu selesai, kami akan Turba untuk membentuk PR baru di 5 ranting yang ada," imbuhnya.

Setelah semua PR terbentuk, ia menargetkan adanya pelantikan secara serentak se-kecamatan di akhir tahun pertama kepemimpinannya. "Jadi kami instruksikan ke PR setelah terbentuk pengurusannya langsung membuat program kerja untuk direalisasikan di masing-masing wilayahnya, tidak harus menunggu pelantikan untuk bergerak mengadakan kegiatan atau membuat program," ucapnya.

Lebih lanjut Sekretaris PAC IPNU Kesamben, Muhammad Muis Juddin menegaskan, tak berhenti hanya sekedar menggerakkan sekaligus membentuk pimpinan ranting, namun keberadaan pengurus di masing-masing ranting perlu juga dibangun kesolidan. Sehingga eksistensi IPNU-IPPNU Kesamben terus terjaga.

"Di tahun ke dua nanti PAC sudah memprogramkan kegiatan rutin sholing (sholawat keliling) ke tiap-tiap ranting guna membangun kesolidan antar pengurus," tuturnya.

Kegiatan itu juga sebagai upaya merekatkan silaturahim antara kepengurusan tingkat kecamatan dengan sejumlah kepengurusan di tingkat desa. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru