Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

LAZISNU Bareng akan Maksimalkan Gerakan Koin NU hingga ke Ranting

Musyawarah kerja LAZISNU Kecamatan Bareng di Gedung MWCNU. (Foto: Istimewa)
Musyawarah kerja LAZISNU Kecamatan Bareng di Gedung MWCNU. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Majelis Wakil Cabang (MWC) Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang berupaya memaksimalkan gerakan keleng kotak infak (Koin) NU hingga ke wilayah desa atau ranting. Gerakan ini adalah ikhtiar untuk mengumpulkan sedekah atau infak masyarakat.

Demikian ini salah satu prioritas LAZISNU Bareng dalam melaksanakan program-program organisasi yang dituangkan melalui musyawarah kerja (Musker), Ahad (4/7) di kantor MWCNU setempat.

Ahmadu Choir, Ketua LAZISNU Kecamatan Bareng mengatakan, dirinya dan pengurus yang lain akan menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat luas terkait program LAZISNU yang sudah disusun. Hal ini ini untuk memaksimalkan pelaksanaan program tersebut.

"Kami akan menindaklanjuti sosialisasi kepada masyarakat baik warga NU maupun masyarakat umum, yang mana kita akan bersentuhan langsung dengan masyarakat terkait program tersebut," ungkapnya.

Ia menambahkan, program lain yang tak kalah penting adalah rantingisasi, atau proses memaksimalkan peran Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) di desa-desa. Secara garis organisasi, UPZISNU ini berada di bawah LAZISNU tingkat kecamatan.

Menurutnya, sukses dan tidaknya dalam pelaksanaan program LAZISNU yang sudah disepakati bersama bertumpu pada kesolidan para pengurus. Karenanya, ia berharap kepada semua pengurus agar menjaga dan menguatkan kekompakan antarpengurus.

"Tercapainya suatu program yang akan dilaksanakan secara maraton itu memerlukan kekompakan pengurus-pengurusnya," imbuh pria asal Banjaragung itu.

Terkait pelaksanaan gerakan kaleng Koin NU ke seluruh UPZIS ranting dilakukan dengan beberapa tahapan.

"Tentunya perlu adanya komunikasi yang baik antara PR dan pengurus LAZISNU tingkat kecamatan, serta perlu adanya kontrol," jelasnya.

Choir berharap, bahwa LAZISNU Bareng bisa berjalan sesuai dengan hasil Musker yang telah dilaksanakan agar kiprahnya diterima oleh masyarakat.

"Semoga semuanya yang kita harapkan mendapatkan ridho Allah, sehingga dapat melaksanakannya dengan amanah, profesional dan transparan," pungkasnya.

Musker dihadiri oleh jajaran tanfidziyah MWCNU Bareng, tanfidziyah PR se-Kecamatan Bareng, dan pengurus LAZISNU Bareng.

Kontributor: Annisa Rahma Nur Listia
Editor: Ahmad