• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 28 Maret 2024

Daerah

Komitmen Perjuangkan Hak Buruh, Sarbumusi Jombang 'Rombak' Pengurus

Komitmen Perjuangkan Hak Buruh, Sarbumusi Jombang 'Rombak' Pengurus

NU Jombang Online, 
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tak hentinya melakukan langkah-langkah untuk membantu buruh yang selama ini diketahui banyak tak mendapatkan hak-hanya sesuai amanat undang-undang.

Guna mendorong langkah-langkah tersebut, Ketua DPC Sarbumusi Jombang, Lutfi Mulyono memandang perlu dilakukan penyegaran atau perombakan pengurus. Ini lantaran beberapa pengurus salah satu badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) tersebut dinilai tidak aktif.

Penyegaran pengurus dilakukan melalui serap aspirasi bersama buruh terlebih dahulu di Kantor Lakpesdam NU, Kamis malam (30/5). Beberapa buruh yang hadir kala itu menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Sarbumusi Jombang. Beberapa di antara mereka juga menyampaikan situasi kondisi yang dihadapi selama menjadi buruh.

"Kami menilai DPC Sarbumusi Jombang sudah saatnya melakukan perombakan pengurus, agar Sarbumusi terus bisa memberikan pendampingan-pendampingan kepada para buruh," katanya.

Lutfi menegaskan, Sarbumusi Jombang hingga kini berkomitmen memberikan advokasi secara konstitusional setiap harus memberikan bantuan kepada para buruh yang tidak mendapatkan hak-haknya sebagaimana mestinya. Ia memaparkan, betapa banyaknya buruh di Jombang yang dianggap masih diperlakukan perusahaan tak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Kurang lebih dari 16 buruh di beberapa perusahaan yang sampai saat ini ditangani DPC Sarbumusi Jombang. Mereka meminta bantuan Sarbumusi untuk menyelesaikan problem yang dihadapi," jelas Luthfi sapaan akrabnya.

Lebih jauh ia menyampaikan, setiap problem yang ditangani Sarbumusi di Kota Santri ini selalu membuahkan hasil. Saat ini sudah ada beberapa buruh yang kembali bekerja dengan normal dan mendapatkan hak-haknya. "Alhamdulillah ada beberapa yang sudah selesai problemnya. Sarbumusi memberikan pendamping selalu sukses," imbuhnya.

Hal itu menurutnya, karena tekad dan niat Sarbumusi semata hanya memperjuangkan hak-hak buruh di jalan yang sudah ditentukan undang-undang. "Perjuangan Sarbumusi lillahi ta'ala, karena Sarbumusi didirikan oleh para kiai-kiai NU," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, kepada para calon pengurus Sarbumusi, Wakil Ketua DPC Sarbumusi Jombang, Hariyanto menyampaikan, pentingnya para pengurus memahami terkait undang-undang yang mengatur tentang buruh.

Ia mengatakan, pada waktu dekat Sarbumusi secara khusus akan menggembleng pengurus baru untuk bisa menguasai undang-undang buruh. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru