• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Komitmen Ansor Jombang Cegah Covid-19, Bentuk Satgas setiap Kecamatan

Komitmen Ansor Jombang Cegah Covid-19, Bentuk Satgas setiap Kecamatan
Ketua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto foto bersama dengan Stagas Covid-19 Ansor. (Foto:Istimewa)
Ketua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto foto bersama dengan Stagas Covid-19 Ansor. (Foto:Istimewa)

NU Jombang Online, 
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang, Jawa Timur membentuk Satgas di sejumlah kepengurusan Ansor dan Banser di tingkat kecamatan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Tim yang terlibat dalam hal ini disebut dengan Stagas Covid-19 Ansor. Anggotanya terdiri dari kader Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang memang memilki bekal mumpuni dalam hal penanganan bencana.

Ketua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto mengemukakan, pembentukan Satgas Covid-19 Ansor itu merupakan komitmen Ansor untuk memberikan bantuan kepada masyarakat di tengah merebaknya virus membahayakan itu. Seperti diketahui, sebaran Covid-19 kian meluas, khususnya di Jawa Timur, tidak terkecuali di Jombang sendiri.

"Upaya ini menjadi gerakan secara bersama kader Ansor Banser sebagai Ikhtiar lahir Ansor dan Banser dalam pencegahan virus corona atau Covid-19, membersamai Ikhtiar batin yang dilakukan melalui doa, Shalawat maupun Istighotsah," katanya, Kamis (26/3) kepada NU Jombang Online.

Ia mengatakan, Satgas Covid-19 Ansor sudah bertugas sejak kemarin Rabu (25/3). Mereka membawa cairan disinfektan lengkap dengan alat penyemprotannya menyusuri beberapa titik. Di antaranya mushala, masjid, pesantren, madrasah, dan lingkungan sekitarnya.

"Kali pertama dilakukan di wilayah Kecamatan Jombang, sasaran yakni di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Makam KH Abdul Wahab Chasbullah, Madrasah Tsanawiyah, beberapa masjid dan mushala oleh Satgas Covid-19 Ansor Jombang Kota," imbuhnya.

Pria yang kerap disapa Gus Antok ini menyebut, penyemprotan memakai disinfektan itu juga dilakukan secara serentak di beberapa kecamatan. Satgas Covid-19 Ansor bergerak di masing-masing wilayahnya menyasar titik yang menjadi fasilitas publik. Seperti Satgas Covid-19 Ansor Mojowarno, Mojoagung, Kesamben, Ploso, Bareng, Sumobito. 

"Bahkan juga beberapa Pimpinan Ranting GP Ansor, misalnya Banjardowo, Mojongapit, Pojokkulon dan lain sebagainya," tambah dia.

Disinfektan yang disemprotkan ke sejumlah lokasi tergolong aman, lantaran rekomendasi Dinas Kesehatan. Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir akan cairan itu, masyarakat juga dapat kembali menggunakan fasilitas itu dengan segera usai dilakukan penyemprotan disinfektan.

"Penyemprotan disinfektan itu berbeda dari fogging untuk membunuh nyamuk. Kalau fogging, orang harus menunggu beberapa jam sampai asap hilang dan bekas fogging harus dibersihkan. Tetapi ini tidak," jelasnya.

Gus Antok menambahkan, Satgas Covid-19 Ansor tidak sekadar melakukan penyemprotan, namun juga mengedukasi masyarakat tentang sebaran Covid-19 sekaligus cara untuk mencegahnya. Sehingga masyarakat tetap waspada dan tidak panik berlebihan di tengah Covid-19 masih belum mereda.

"Inilah manifestasi sekaligus persembahan konkret Ansor dan Banser sebagai anak kader muda NU yang selalu siap berkontribusi bagi masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya.

Pewarta: Ahmad
Editor: Syamsul Arifin 


Editor:

Daerah Terbaru