• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

Kolaborasi IPNU-IPPNU Kedungbetik dan Jombatan Kesamben Bumikan Shalawat

Kolaborasi IPNU-IPPNU Kedungbetik dan Jombatan Kesamben Bumikan Shalawat
Kolaborasi IPNU-IPPNU Kedungbetik dan Jombatan Kesamben pada kegiatan shlawat. (Foto:NU Jombang Online/Nuruddin Suryanulloh)
Kolaborasi IPNU-IPPNU Kedungbetik dan Jombatan Kesamben pada kegiatan shlawat. (Foto:NU Jombang Online/Nuruddin Suryanulloh)

NU Jombang Online, 
Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang melakukan kolaborasi shalawat dengan Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Jombatan, Kesamben di Ranting Kedungbetik, Senin (27/1).

Acara yang dilaksanakan di Mushala Al-Hidayah Dusun Kalanganyar, Desa Kedungbetik, Kesamben ini berawal dari keinginan Tias Nurul Handayani, Ketua IPPNU Ranting Kedungbetik. Ia ingin mengembangkan kegiatan ranting bernama Kompas (Komunitas Pemuda Bershalawat) dengan mengajak dan mengundang semua ranting yang ada di Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kesamben untuk berkolaborasi. 

"Awalnya saya berkeinginan untuk mengembangkan kegiatan shalawatan ini dengan berkolaborasi antarranting, nah pada saat Rakernas IPPNU di Tambakberas kemarin saya bertemu dan ngobrol sama Ketua IPPNU Ranting Jombatan tentang kegiatan shalawatan yang kita punya, ternyata sambung dan akhirnya kita berkolaborasi antara Kompas dan Sholing (Shalawat Keliling) yang di punyai oleh PR Jombatan," terang Tias sapaan akrabnya. 

Tias yang merupakan mahasiswa semester dua di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ini juga berharap kegiatan tersebut bisa menjadi media untuk bisa meningkatkan kecintaan kader muda NU akan shalawat. 

"Dengan diadakan acara ini dia berharap semoga akan selalu kita jadikan budaya untuk memajukan dan membangun generasi muda NU yang berbingkai shalawat," imbuhnya.

Sementara itu Ririn Frastika, Ketua IPPNU Ranting Jombatan mengatakan, bahwa ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh melalui kegiatan ini. Di samping sebagai upaya peningkatan kecintaan kader muda NU kepada Nabi Muhammad SAW, juga sebagai ajang menguatkan tali persaudaraan antar pengurus IPNU-IPPNU di desa setempat.

"Dengan aanya acara ini kita bisa menyambung silaturahim antarpengurus ranting dan anggota agar lebih mengenal satu sama lain. Juga untuk mensyiarkan ajaran Ahlussunah wal Jamaah an-Nahdliyah melalui kegiatan shalawat," ucapnya.

Alumni Universitas Trunojoyo Madura ini menambahkan, ke depan kegiatan serupa akan digelar secara istiqamah, mengingat manfaat yang cukup besar dirasakan pengurus IPNU-IPPNU. "Setelah acara tadi, kita sepakat akan mengadakan kolaborasi jilid 2 yang diselenggarakan di PR IPNU-IPPNU Jombatan," imbuhnya.

Kegiatan itu mendapat respons positif dari Nuril Asmaul Husnah, Ketua PAC IPPNU Kesamben. Ia mengungkapkan, kader IPNU-IPPNU memang hendaknya bersinergi membangun kekuatan melaksanakan syiar-syiar Islam di tengah masyarakat.

"Acara ini merupakan golden memories karena sekarang waktunya collaboration bukan competition lagi. Kalau bisa bersama kenapa harus sendiri-sendiri," ungkapnya dengan nada tawa. 

Mahasiswi semester dua di Unwaha Jombang ini juga berharap, ke depan kegiatan tersebut bisa masif dilakukan di Kesamben. "Sangat berharap di setiap ranting ada satu acara seperti ini yang nantinya seluruh ranting se-Kecamatan Kesamben berkolaborasi menjadi satu," harapnya.

Hadir pada kesempatan ini dua pembina dari Ranting Kedungbetik dan Jombatan untuk mengikuti acara sampai selesai yaitu Sami'an dan Surya.

Pewarta: Nuruddin Suryanulloh
Editor: Syamsul Arifin


Editor:

Daerah Terbaru