Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Kian Berkembang, BMTNU Bareng Kini Miliki Aset 3,9 Miliar

Rekening BMTNU Jombang. (Foto: NU Jombang Online)
Rekening BMTNU Jombang. (Foto: NU Jombang Online)

NU Jombang Online, 
Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) Cabang Bareng, Kabupaten Jombang yang sudah 6 tahun didirikan ini terus berikhtiar dalam rangka membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah di Kecamatan Bareng.

Su'udi Anis, Ketua BMTNU Cabang Bareng mengungkapkan, bahwa kehadiran BMTNU di tengah-tengah masyarakat yang cenderung mempercayakan soal keuangan kepada bank milik pemerintah tak membuatnya pesimis. Meski memang diakuinya awal pendirian BMTNU di Bareng membutuhkan tekad yang kuat untuk mengubah kecenderungan pola pikir masyarakat tersebut. 

"Meyakinkan nasabah untuk menjadi bagian dari BMTNU Cabang Bareng itu tidak mudah, mulai dari sosialisasi di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), lewat badan otonom (Banom) Kecamatan Bareng pun juga dilakukan," kata pria yang kerap disapa Pak Su'ud ini, Senin (14/6).

Ia juga mengatakan, berbagai upaya untuk meyakinkan masyarakat Bareng akan keberadaan BMTNU terus dilakukan pengelola hingga kini. Ada hasil yang didapat, dari tahun ke tahun masyarakat mulai meliriknya, baik sekadar menabung ataupun meminjam modal usaha. BMTNU di kawasan Jombang bagian selatan ini akhirnya menemukan tempat di hati masyarakat Bareng.

"Alhamdulillah 2 tahun ini sudah mulai membaik, masyarakat sudah mulai responsif dengan hadirnya BMTNU Cabang Bareng ini," ungkapnya. 

Su'udi menambahkan, saat ini aset yang dimiliki oleh BMTNU Cabang Bareng mencapai 3,9 miliar. Aset yang menurutnya cukup besar di level cabang BMTNU.

"Ini adalah buah dari kerja sama tim yang sinergis dalam upaya peningkatan ekonomi Nahdliyin," jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya BMTNU di Kecamatan Bareng ini dapat menjembatani pelayanan ekonomi warga NU dengan baik.

"Harapan saya semoga BMTNU semakin besar, selalu berkah dalam membantu meningkatkan perekonomian warga NU, minimal bisa menyejahterakan jamiyah NU ke depannya," pungkasnya.

Kontributor: Annisa Rahma Nur Listia
Editor: Ahmad