Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

KH Abdullah Yazid, Mustasyar MWCNU Ngusikan Tutup Usia

KH Abdullah Yazid Sulaiman (Foto: Istimewa)
KH Abdullah Yazid Sulaiman (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online,
Innalillahi wa innailaihi rojiun. Kabar duka menyelimuti Nahdliyin Kota Jombang khususnya Kecamatan Ngusikan. KH Abdullah Yazid Sulaiman, Mustasyar Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Ngusikan dan Pendiri Yayasan Al-Hidayah Keboan Ngusikan, meninggal dunia, Jumat malam, pukul 22.15 WIB (30/7).

Kabar wafatnya KH Abdullah Yazid Sulaiman terkonfirmasi dari putra bungsunya Muhammad Faidlunniam. Meninggalnya KH Abdullah Yazid Sulaiman hanya berselang waktu 45 menit dengan kabar meninggalnya kakak kandungnya Nyai Hj Zubaidah Nasrullah, Pengasuh Pondok Pesantren (PP) Assa'idiyah Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang.

Fidlunniam sapaan akrab putra KH Abullah Yazid Sulaiman menyampaikan, sosok ayahnya adalah orang yang sederhana. "Beliau adalah sosok orang tua yang sederhana, senang melakukan kegiatan silaturahim, dan senang bersedekah kepada sesama," katanya. 

Faidlunniam melanjutkan, almarhum juga merupakan pencipta logo Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas.

Sementara itu, Masrukhin, guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 7 Jombang menambahkan, bahwa KH Abdullah Yazid Sulaiman adalah kepala Madrasah pertama MAN 7 Jombang. "Beliau merupakan salah satu tokoh yang memprakarsai berdirinya MAN 7 Jombang,  beliau adalah sosok yang sangat baik dan bersemangat memperjuangkan pendidikan," jelas Masrukhin.

Bentuk semangat almarhum di bidang pendidikan ditandai dengan berdirinya yayasan Al-Hidayah di Keboan dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah. "Beliau memiliki harapan besar ingin adanya lembaga pendidikan mulai dari tingkatan bawah hingga perguruan tinggi di Desa Keboan,'' lanjutnya.

Tak hanya bergelut di bidang pendidikan, KH Abdullah Yazid juga merupakan aktivis Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jombang di masanya. Kala itu pimpinan IPPNU adalah Hj Munjiddah Wahab yang saat ini menjadi Bupati Kabupaten Jombang.

Kontributor: Septy Yuanita
Editor: Ahmad