• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Ekonomi

Ketua NU Pacarpeluk Ini Piawai Menggerakkan Sentra Wirausaha

Ketua NU Pacarpeluk Ini Piawai Menggerakkan Sentra Wirausaha
Nine Adien Maulana. (Foto: Istimewa)
Nine Adien Maulana. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Nine Adien Maulana, Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang secara resmi dipercaya menjadi Kepala Galeri Investasi Edukasi Bursa Efek Indonesia (GIE BEI) di sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Jombang.

GIE BEI merupakan sebuah lembaga edukasi yang bekerja sama dengan BEI Surabaya dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Tujuannya adalah memberi edukasi bahwa pasar modal bukan hal yang elitis tapi bisa dijangkau masyarakat. Mengingat selama ini masyarakat menganggap pasar modal butuh dana yang besar.

“Ini adalah sesuatu jauh yang di luar angan-angan saya, karena saya benar-benar awam dalam masalah ini. Saya tahu diri dengan segala keterbatasan ilmu dan pengalaman. Oleh karena itu saya akan lebih banyak ngangsu kaweruh kepada Bu Musholahah dan Mbak Nita yang lebih memiliki banyak pengetahuan dalam masalah ekonomi semacam ini," katanya, Senin (16/8). 

Pria sapaan akrabnya Nine ini mengungkapkan, dirinya dipercaya untuk memimpin GIE BEI ini karena dianggap mampu menjalankan beberapa program, di antaranya menggerakkan sentra kewirausahaan yang bisa membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda-pemuda yang ada di desanya.

”Mungkin karena teman-teman menilai bahwa saya memiliki pengalaman pemberdayaan kewirausahaan masyarakat melalui NUPrener," jelasnya.

Nine cukup membina anak-anak muda dan warga desanya dalam kegiatan dakwah keagamaan, olahraga serta kewirausahaan. Bersama para kader muda di desanya ia mendirikan sebuah sentra kewirausahaan pemuda yang dinamainya NUPreneur, yang sekarang memiliki beberapa unit usaha.

"Lembaga ini menaungi kedai susu kemasan, kedai sempol, tempat ptong rambut atau barbershop dan yang baru ini adalah kolam budidaya ikan lele di desa itu," pungkasnya.

Kontributor: Syaiful Chabib
Editor: Ahmad 


Editor:

Ekonomi Terbaru