• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Sabtu, 20 April 2024

Daerah

Istighotsah Keselamatan dan Bincang Pergerakan, Cara PMII Malam Mingguan

Istighotsah Keselamatan dan Bincang Pergerakan, Cara PMII Malam Mingguan
Tangkap layar istighotsah virtual. (Foto: Istimewa)
Tangkap layar istighotsah virtual. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Anak muda kebanyakan mengisi malam Minggu dengan berlibur mengunjungi tempat-tempat keramaian. Minimal sekadar berkumpul dan ngobrol bersama teman-temannya. Ini biasanya dilakukan untuk melepas penat dan bisa tertawa lepas, sejenak melupakan beban atau tugas yang dipikul.

Namun, berbeda dengan sejumlah aktivis yang tergabung dalam Pengurus Rayon (PR) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Aufklarung Komisariat Pattimura STKIP-STIE PGRI Kabupaten Jombang. Mereka mengisi malam. Minggunya dengan istighotsah dan bincang pergerakan.

Ketua Pengurus Rayon PMII Aufklarung, Siti Ratna Sari menyampaikan, kegiatan tersebut diselenggarakan secara virtual dengan memanfaatkan aplikasi kekinian. Sebagai aktivis menurutnya dituntut terus aktif dan produktif menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bermanfaat meski situasi pandemi Covid-19 belum juga mereda.

Ia menyebut tujuan diadakannya istighotsah virtual untuk keselamatan bangsa, terutama masyarakat yang terpapar Covid-19. Para aktvis itu juga berdoa agar pandemi ini segera berakhir. Dampak corona cukup serius terhadap masyarakat di berbagai lapisan. Hal itu menuntut kepekaan sesama untuk bisa saling membantu, minimal dengan cara mendoakannya.

"Sementara untuk tujuan diadakannya bincang pergerakan untuk memberikan motivasi kepada para sahabat-sahabat pergerakan selama berproses di PMII selama masa pandemi," tuturnya, Ahad (8/8).

Istighotsah dipimpin salah satu dosen STKIP PGRI Jombang, Aang Fatihul Islam yang juga pernah berproses di PMII pada masa mudanya. Kegiatan tidak hanya diikuti Pengurus Rayon PMII setempat, tetapi juga kader PMII Gresik dan alumni-alumni kader PMII Komisariat Pattimura. 

Salah satu alumni dari PMII Komisariat Pattimura, Fathoni mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kader PMII hari ini sudah melek teknologi, bisa memanfaatkan produk digital yang mampu menyambung ide-idenya bisa terealisasikan meski di tengah pandemi Covid-19.

"Ini agenda yang luar biasa, karena sebelumnya belum pernah mengagendakan seperti ini. Kegiatan ini menjadikan ajang silaturahim yang selama ini belum terlaksana," ucapnya.

Kontributor: Mahesi Riatul Mufeni
Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru