• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Bahtsul Masail

Ini Hukum Menyimpan Uang Masjid di Bank, Gagal Haji dan Aqiqoh Siap Saji

Ini Hukum Menyimpan Uang Masjid di Bank, Gagal Haji dan Aqiqoh Siap Saji

1. Problematika Masjid (Asilah dari MWCNU Ngoro)
Deskripsi Masalah
Di suatu daerah banyak terjadi dalam pengelolaan uang masjid yang terkumpul dan masih belum digunakan dalam pembangunan masjid atau alokasi lainya yang tidak ada hubunganya dengan pembangunan masjid, akhirnya pengurus takmir masjid berinisiatif untuk menyimpannya di bank.

Dan ada sebagian masjid yang mempunyai peralatan yang layak pakai, seperti karpet, kayu, genting dll. Kemudian ada orang yang menyumbang peralatan baru sehingga pengurus takmir masjid kebinggungan dalam pengelolaan peralatan tersebut, karena ketika mengganti peralatan yang lama ia merasa tidak enak dengan penyumbang peralatan yang lama, dan begitu juga sebaliknya.

Pertayaan
Apakah diperbolehkan menyimpan uang masjid di bank menurut pandangan syara ?
Jawaban: Tidak diperbolehkan kecuali bila ada dlorurat seperti kebakaran, perampokan, pencurian dan hendak bepergian. Namun menurut satu pendapat diperbolehkan bagi tamir menabung uang masjid di bank. Menurut pendapat ulama hanafiyah diperbolehkan apabila menabung di bank dianggap lebih aman.

بُغْيَةُ الْمُسْتَرْشِدِيْنَ صـ 306
فَائِدَةٌ أَفْتَى مُحَمَّدٌ صَالِحٌ الرَّيْسُ فِيْمَنْ أَرْسَلَ مَعَ غَيْرِهِ دَرَاهِمَ أَمَانَةً يُوْصِلُهَا إِلَى مَحَلٍّ آخَرَ وَأَذِنَ لَهُ فِي التَّصَرُّفِ فِيْهَا بِأَخْذِ بِضَاعَةٍ وَمَا ظَهَرَ فِيْهَا مِنْ رِبْحٍ يَكُوْنُ لِلْأَمِيْنِ فِي مُقَابَلَةِ حَمْلِهِ الدَّرَاهِمَ وَإِعْطَائِهَا الْمُرْسَلَ إِلَيْهِ كَالْأُجْرَةِ بِأَنَّهُ إِنْ كَانَت الدَّرَاهِمُ الْمَذْكُوْرَةُ مِلْكاً لِلْمُرْسِلِ وَأَذِنَ كَذَلِكَ جَازَ وَكَانَ الرَّسُوْلُ ضَامِناً وَحُكْمُهُ حُكْمُ الْقَرْضِ حَتَّى تَصِلَ إِلَى الْمُرْسَلِ إِلَيْهِ

Imam muhammad sholih arrois berfatwa dalam permasalahaan seseorang yang menyuruh orang lain untuk mengirimkan uang ketempat lain, dan utusan tersebut diberi izin untuk mentasarufkan uang, dan hasil keuntungan dari pentasarufan menjadi miliknya sebagai upah atas membawa hartanya dan pengiriman kepada orang yang dituju, bahwasanya apabila uang tersebut milik orang yang menyuruhnya dan ia telah memberikan izin maka hukumnya boleh, dan utusan wajib menanggung apabila terjadi kerusakan, dan hukumnya menjadi hutang sampai kepada orang yang dituju.

رَوْضَةُ الطَّالِبِيْنَ وَعُمْدَةُ الْمُفْتِيْنَ الجزء الخامس صـ 349
فَرْعٌ لَيْسَ لِلْمُتَوَلِّي أَنْ يَأْخُذَ مِنْ مَالِ الْوَقْفِ شَيْئًا عَلَى أَنْ يَضْمَنَهُ وَلَوْ فَعَلَ ضَمِنَ وَلَا يَجُوزُ ضَمُّ الضَّمَانِ إِلَى مَالِ الْوَقْفِ وَإِقْرَاضُ مَالِ الْوَقْفِ حُكْمُهُ حُكْمُ إِقْرَاضِ مَالِ الصَّبِيِّ

Menghutangkan harta wakaf hukumnya seperti menghutangkan harta anak kecil

الفَتَاوِى الفِقْهِيَّةُ الْكُبْرَى الجزء الثالث صـ 41
(وَسُئِلَ) عَنْ شَخْصٍ عِنْدَهُ دَرَاهِمُ لِيَتِيمٍ أَوْ لِغَائِبٍ أَوْ لِمَسْجِدٍ وَنَحْوِهِ وَالْيَتِيمُ وَنَحْوُهُ غَيْرُ مُحْتَاج لَهَا فِي ذَلِكَ الْوَقْتِ فَأَرَادَ الْقَيِّمُ وَنَحْوُهُ إقْرَاضَهَا أَوْ التَّصَرُّفَ فِيهَا بِرَدِّ بَدَلِهَا فَهَلْ يَسُوغُ لَهُ ذَلِكَ وَهَلْ قَالَ بِذَلِكَ أَحَدٌ مِنْ الْعُلَمَاءِ وَلَوْ مِنْ غَيْرِ أَصْحَابِ الشَّافِعِيِّ – رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ – مَعَ أَنَّ الْبَلَدَ لَيْسَ بِهَا حَاكِمٌ وَهَلْ تَجِدُونَ لَهُ طَرِيقًا فِي ذَلِكَ أَمْ لَا؟
(فَأَجَابَ) إقْرَاضُ الْوَلِيِّ مَالَ مَحْجُورِهِ فِيهِ تَفْصِيلٌ وَهُوَ أَنَّهُ يَجُوزُ لِلْأَبِ وَالْجَدِّ وَالْوَصِيِّ الْإِقْرَاضُ عِنْدَ الضَّرُورَةِ لِنَهْبٍ أَوْ حَرِيقٍ أَوْ إرَادَةِ سَفَرٍ وَفِي غَيْرِ ذَلِكَ لَا يَجُوزُ وَلِلْقَاضِي الْإِقْرَاضُ مُطْلَقًا لِكَثْرَةِ أَشْغَاله هَذَا مَا عَلَيْهِ الشَّيْخَانِ لَكِنْ أَطَالَ الْإِسْنَوِيُّ كَالسُّبْكِيِّ فِي رَدِّهِ وَأَنَّ الْقَاضِيَ كَغَيْرِهِ فِي أَنَّهُ لَا يَجُوزُ لَهُ الْإِقْرَاضُ إلَّا لِضَرُورَةٍ.

Terjemah :
Diperbolehkan menghutangkan harta anak yang terbekukan tasharufnya bagi seorang wali (ayah, kakek atau orang yang diwashiyati) dalam keadaan darurat, seperti ada pencopet, kebakaran atau ketika akan bepergian. Ketika tidak demikian maka tidak diperbolahkan.
Bila seseorang memegang harta orang lain secara haq maka boleh mentashorufkannya sesuai idzin pemilik harta bila statusnya adalah wakil dan bila statusnya qodli atau penggantinya maka juga boleh bila dalam keadaan darurat

خَبَايَا الزَّوَايَا صـ 273
مَسْأَلَةٌ يَجُوْزُ لِلْقَاضِي إِقْرَاضُ مَالِ الْغَائِب لِتَحَصُّنِهِ بِذِمَّةِ مَلِىْءٍ حُكِىَ ذَلِكَ عَن صَاحب التَّلْخِيص وَهُوَ مُوَافِقٌ لِمَا مَرَّ فِي بَابِ الْحِجْرِ أَنَّ لَهُ قَرْضَ مَالِ الصَّبِيِّ لَكِنْ ذَكَرَنَا هُنَاكَ أَنَّ غَيْرَ القَاضِي أَبًا كَانَ أَوْ غَيْرَهُ لَا يُقْرِضُ مَالَ الصَّبِيِّ اِلَّا لِضَرُوْرَةِ نَهْبٍ وَنَحْوِهِ وَعَن صَاحِبِ التَّلْخِيْصِ أَنَّهُ يَجُوْزُ لِلْأَبِ مَا يَجُوْزُ لِلْقَاضِي فَهَذَا وَجْهٌ آخَرُ هَذَا كَلَامُهُ فِي بَابِ الْقَضَاءِ عَلَى الْغَائِبِ

Diriwayatkan dari pengarang kitab Al Talkhish bahwa dalam menghutangkan uang anak kecil, bagi bapak diperbolehkan melakukan sesuatu yang diperbolehkan bagi qhodli.

الْبَحْرُ الرَّائِقُ شَرْحُ كَنْزِ الدَّقَائِقِ الجزء الخامس صـ 259
قَالَ فِي جَامِعِ الْفُصُولَيْنِ لَيْسَ لِلْمُتَوَلِّي إيدَاعُ مَالِ الْوَقْفِ وَالْمَسْجِدِ إلَّا مِمَّنْ فِي عِيَالِهِ وَلَا إقْرَاضُهُ فَلَوْ أَقْرَضَهُ ضَمِنَ وَكَذَا الْمُسْتَقْرِضُ وَذَكَرَ أَنَّ الْقَيِّمَ لَوْ أَقْرَضَ مَالَ الْمَسْجِدِ لِيَأْخُذَهُ عِنْدَ الْحَاجَةِ وَهُوَ أَحْرَزُ مِنْ إمْسَاكِهِ فَلَا بَأْسَ بِهِ وَفِي الْعُدَّةِ يَسَعُ الْمُتَوَلِّيَ إقْرَاضُ مَا فَضَلَ مِنْ غَلَّةِ الْوَقْفِ لَوْ أَحْرَزَ. اهـ.
(قَوْلُهُ: مَالَ الْوَقْفِ) ذَكَرَهُ فِي الْبَحْرِ عَنْ جَامِعِ الْفُصُولَيْنِ لَكِنْ فِيهِ أَيْضًا عَنْ الْعُدَّةِ يَسَعُ لِلْمُتَوَلِّي إقْرَاضُ مَا فَضَلَ مِنْ غَلَّةِ الْوَقْفِ لَوْ أَحْرَزَ اهـ وَمُقْتَضَاهُ أَنَّهُ لَا يَخْتَصُّ بِالْقَاضِي مَعَ أَنَّهُ صَرَّحَ فِي الْبَحْرِ عَنْ الْخِزَانَةِ أَنَّ الْمُتَوَلِّيَ يَضْمَنُ إلَّا أَنْ يُقَالَ: إنَّهُ حَيْثُ لَمْ يَكُنْ الْإِقْرَاضُ أَحْرَزَ.

Apabila takmir menghutangkan harta masjid dengan tujuan mengambilnya kembali ketika dibutuhkan dan hal tersebut lebih aman daripada menyimpannya sendiri, maka hukumnya tidak masalah (boleh)

Sikap apakah yang paling tepat bagi pengurus takmir terkait dengan pengelolaan peralatan masjid pada deskripsi diatas ?

Jawaban: jika sumbangan yang baru dan yang lama bisa digunakan secara bersamaan maka seyogyanya digunakan secara bersamaan. Namun jika tidak bisa maka boleh memilih menggunakan barang baru atau lama tergantung kebijakan pengurus masjid dengan memandang kemaslahatan. Untuk barang yang tidak dibutuhkan boleh disimpan atau dilimpahkan ke masjid lain yang membutuhkan, jika tidak ditemukan masjid yang membutuhkan barang tersebut maka boleh dilimpahkan ke musholla, madrasah yang bersetatus wakaf.

بُغْيَةُ الْمُسْتَرْشِدِيْنَ صـ: 258
(مَسْئَلَةُ: ب) وَظِيْفَةُ الْوَلِيِّ فِيْمَا تَوَلَّي فِيْهِ حِفْظُهُ وَتَعَهُّدُهُ وَالتُّصَرُّفُ فِيْهِ بِالْغِبْطَةِ وَالْمَصْلَحَةِ وَصَرْفُهُ فِيْ مَصَارِفِهِ مِنْ حَيْثُ إِجمْاَلٌ وَمَا مِنْ حِيْثُ تَفْصِيْلٌ فَقَدْ يَخْتَلِفُ الْحُكْمُ فِيْ بَعْضِ فُرُوْعِ مَسَائِلِ اْلأَوْلِيَاءِ.

Terjemah :
Secara umum tugas seorang wali terhadap harta yang menjadi tangung jawabnya adalah menjaga, mengawasi, mentashorufkannya dengan baik dan sesuai tempatnya.

شَرْحُ الْوَجِيْزِ الْجُزْءُ الثَّالِثُ صـ 290
وَأَمَّا كَيْفِيَّةُ التَّصَرُّفِ فَالْقَوْلُ الْجُمْلِيُّ فِيهِ اِعْتِبَارُ الْغِبْطَةِ وَكَوْنُ التَّصَرُّفِ عَلَى وَجْهِ النَّظَرِ وَالْمَصْلَحَةِ
Tata cara tasharuf wali secara global harus mempertimbangkan keuntungan dan harus sesusai dengan pertimbangan dan kemaslahatan

الفَتَاوِى الفِقْهِيَّةُ الْكُبْرَى الجزء الثالث صـ 288
(وَسُئِلَ) عَمَّا إذَا جُدِّدَ مَسْجِدٌ بِآلَاتٍ جُدُدٍ، فَهَلْ يَجُوْزُ صَرْفُ مَا بَقِيَ مِنْ آلَاتِهِ الْقَدِيمَةِ فِي عِمَارَةِ مَسْجِدٍ آخَرَ قَدِيمٍ مُحْتَاجٍ لِلْعِمَارَةِ أَوْ لَا وَحِينَئِذٍ فَهَلْ تُبَاعُ وَيُحْفَظُ ثَمَنُهَا أَوْ تُحْفَظُ هِيَ لِحَاجَاتِ ذَلِكَ الْمَسْجِدِ آجِلًا وَلَوْ نَوَى أَوْ نَذَرَ أَنْ يَعْمُرَ مَسْجِدًا مُعَيَّنًا وَجَمَعَ لِذَلِكَ آلَاتٍ فَلَمْ يَتَيَسَّرْ لَهُ فَهَلْ لَهُ أَنْ يَعْمُرَ مَسْجِدًا آخَرَ أَوْ لَا وَهَلْ يُفَرَّقُ بَيْنَ النَّذْرِ وَالْقَصْدِ أَوْ لَا وَلَوْ نَذَرَ أَنْ يَبْنِيَ مَسْجِدًا فِي مَوْضِعٍ مُعَيَّنٍ فَهَلْ لَهُ أَنْ يَبْنِيَ فِي غَيْرِ ذَلِكَ الْمَوْضِعِ أَوْ يَصْرِفَ مَا نَذَرَهُ فِي عِمَارَةِ مَسْجِدٍ آخَرَ أَوْ لَا وَهَلْ يَجُوزُ اسْتِعْمَالُ حُصْرِ الْمَسْجِدِ وَفَرَاشِهِ لِحَاجَاتٍ كَحَاجَةِ الْعُرْسِ وَكَعَرْضِ شَيْءٍ كَالْكُتُبِ عَلَى الشَّمْسِ إذَا لَمْ يَكُنْ مِنْهُ بُدٌّ أَمْ لَا؟
(فَأَجَابَ) بِقَوْلِهِ لَا يَجُوزُ صَرْفُ تِلْكَ الْآلَاتِ الَّتِي قَدْ يَحْتَاجُ إلَيْهَا مَسْجِدُهَا فِي عِمَارَةِ مَسْجِدٍ آخَرَ وَلَا يَبِيعَهَا بَلْ يَجِبُ عَلَى النَّاظِرِ حِفْظُهَا لِحَاجَاتِ ذَلِكَ الْمَسْجِدِ

Tidak diperbolehkan mentasarufkan alat-alat masjid yang terkadang masih dibutuhkan untuk masjid lain, dan tidak diperbolehkan juga menjual alat-alat tersebut, akan tetapi bagi nadzir wajib menyimpannya untuk kebutuhan masjid tersebut

الفَتَاوِى الفِقْهِيَّةُ الْكُبْرَى الجزء الثالث صـ 288
(وَسُئِلَ) عَمَّنْ جَدَّدَ مَسْجِدًا أَوْ عَمَّرَهُ بِآلَاتٍ جُدُدٍ وَبَقِيَتْ الْآلَةُ الْقَدِيمَةُ هَلْ تَجُوزُ عِمَارَةُ مَسْجِدٍ آخَرَ قَدِيمٍ بِهَا أَوْ لَا فَتُبَاعُ وَيُحْفَظُ ثَمَنُهَا أَوْ لَا؟
(فَأَجَابَ) بِقَوْلِهِ نَعَمْ تَجُوزُ عِمَارَةُ مَسْجِدٍ قَدِيمٍ أَوْ حَادِثٍ بِهَا حَيْثُ قَطَعَ بِعَدَمِ احْتِيَاجِ الْمَسْجِدِ الَّذِي هِيَ مِنْهُ إلَيْهَا قَبْلَ فِنَائِهَا وَلَا يَجُوزُ بَيْعَهَا بِوَجْهٍ مِنْ الْوُجُوهِ فَقَدْ صَرَّحُوا بِأَنَّ الْمَسْجِدَ الْمُعَطَّلَ لِخَرَابِ الْبَلَدِ إذَا خِيفَ مِنْ أَهْلِ الْفَسَادِ عَلَى نَقْضِهِ نُقِضَ وَحُفِظَ وَإِنْ رَأَى الْحَاكِمُ أَنْ يُعَمِّرَ بِنَقْضِهِ مَسْجِدًا آخَرَ جَازَ وَمَا قَرُبَ مِنْهُ أَوْلَى وَالْحَاصِلُ مِنْ رِيعِ الْمَسْجِدِ الْمَذْكُورِ يَصْرِفُهُ لِعِمَارَةِ مَسْجِدٍ آخَرَ قَالَ الْمُتَوَلِّي إلَى عِمَارَةِ الْمَنْقُولِ إلَيْهِ وَكَذَا الرِّبَاطَاتِ وَالْآبَارِ الْمُسَبَّلَةِ يُنْقَلُ نَقْضُهَا وَرِيعُ وَقْفِهَا إلَى مِثْلِهَا لَا إلَى نَوْعٍ آخَرَ إلَّا إذَا فُقِدَ نَوْعُهَا فَتُصْرَفُ لِغَيْرِهِ لِلضَّرُورَةِ وَكَذَا قَالَ الْقَاضِي وَيَفْعَلُ الْحَاكِمُ بِمَا فِي الْمَسْجِدِ الْخَرَابِ مِنْ حُصْرِ وَقَنَادِيلَ وَنَحْوِهَا ذَلِكَ فَيَنْقُلُهَا إلَى غَيْرِهِ عِنْدَ الْخَوْفِ عَلَيْهَا وَاَللَّهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى أَعْلَمُ.

Diperbolehkan membangun masjid baru atau masjid lama dengan menggunakan peralatan masjid lain, selama peralatan tersebut tidak dibutuhkan sebelum rusak, dan tidak boleh menjual peralatan tersebut dengan cara apapun. Para Ulama menjelasakan bahwa ketika ada masjid yang sepi karena daerahnya sepi penduduknya takut dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab, maka boleh dirusak dan di simpan, dan bila hakim boleh menggunakannya untuk masjid lain ketika lebih maslahat, dan yang lebih utama diberikan pada masjid terdekat, dan hasil dari masjid tersebut juga boleh digunakan untuk membangun masjid lain.

Pondok dan sumur wakaf hukumnya sama dengan masjid, yakni boleh memindah material rusak dan hasil dari wakaf kesesamanya, tidak kelain macam, kecuali bila tidak ditemukan sesamanya, maka boleh diberikan kemacam yang lain karena darurat.

رَوْضَةُ الطَّالِبِيْنَ وَعُمْدَةُ الْمُفْتِيْنَ الجزء الخامس صـ 357
حُصْرُ الْمَسْجِدِ إِذَا بَلِيَتْ وَنُحَاتَةُ أَخْشَابِهِ إِذَا نَخَرَتْ، وَأَسْتَارُ الْكَعْبَةِ إِذَا لَمْ يَبْقَ فِيهَا مَنْفَعَةٌ وَلَا جَمَالٌ، فِي جَوَازِ بَيْعِهَا وَجْهَانِ: أَصَحُّهُمَا: تُبَاعُ لِئَلَّا تَضِيعَ وَتُضَيِّقَ الْمَكَانَ بِلَا فَائِدَةٍ، وَالثَّانِي: لَا تُبَاعُ بَلْ تُتْرَكُ بِحَالِهَا أَبَدًا

Tikar masjid yang sudah rusak, pahatan kayu yang sudah rapuh dan selambu kabah yang tidak dimanfaatkan lagi serta tidak layak, hukum menjualnya terdapat dua pendapat, menurut pendapat al ashoh barang tersebut boleh dijual supaya tidak disia siakan dan tidak memenuhi tempat yang tidak ada faidahnya. Dan pendapat yang kedua barang tersebut tidak boleh dijual akan tetapi dibiarkan apa adanya

تُحْفَةُ الْمُحْتَاجِ الجزء السادس ص: 282 دار صادر
(وَالْأَصَحُّ جَوَازُ بَيْعِ حُصْرِ الْمَسْجِدِ إذَا بَلِيَتْ وَجُذُوعِهِ إذَا انْكَسَرَتْ) أَوْ أَشْرَفَتْ عَلَى الِانْكِسَارِ (وَلَمْ تَصْلُحْ إلَّا لِلْإِحْرَاقِ) لِئَلَّا تَضِيعَ فَتَحْصِيلُ يَسِيرٍ مِنْ ثَمَنِهَا يَعُودُ عَلَى الْوَقْفِ أَوْلَى مِنْ ضَيَاعِهَا وَاسْتُثْنِيَتْ مِنْ بَيْعِ الْوَقْفِ لِأَنَّهَا صَارَتْ كَالْمَعْدُومَةِ وَيُصْرَفُ ثَمَنُهَا لِمَصَالِحِ الْمَسْجِدِ إنْ لَمْ يَكُنْ شِرَاءَ حَصِيرٍ أَوْ جُذُوعٍ بِهِ وَأَطَالَ جَمْعٌ فِي الِانْتِصَارِ لِلْمُقَابِلِ أَنَّهَا تَبْقَى أَبَدًا نَقْلًا وَمَعْنًى، وَالْخِلَافُ فِي الْمَوْقُوفَةِ وَلَوْ بِأَنْ اشْتَرَاهَا النَّاظِرُ وَوَقَفَهَا بِخِلَافِ الْمَمْلُوكَةِ لِلْمَسْجِدِ بِنَحْوِ شِرَاءِ فَإِنَّهَا تُبَاعُ جَزْمًا وَخَرَجَ بِقَوْلِهِ وَلَمْ تَصْلُحْ إلَخْ مَا إذَا أَمْكَنَ أَنْ يَتَّخِذَ مِنْهُ نَحْوَ أَلْوَاحٍ فَلَا تُبَاعُ قَطْعًا بَلْ يَجْتَهِدُ الْحَاكِمُ وَيَسْتَعْمِلُهُ فِيمَا هُوَ أَقْرَبُ لِمَقْصُودِ الْوَاقِفِ قَالَ السُّبْكِيُّ حَتَّى لَوْ أَمْكَنَ اسْتِعْمَالُهُ بِإِدْرَاجِهِ فِي آلَاتِ الْعِمَارَةِ امْتَنَعَ بَيْعُهُ فِيمَا يَظْهَرُ وَقَدْ تَقُومُ قِطْعَةُ جِذْعٍ مَقَامَ آجُرَّةٍ، وَالنُّحَاتَةُ مَقَامَ التُّرَابِ وَيُخْتَلَطُ بِهِ أَيْ: فَيَقُومُ مَقَامَ التِّبْنِ الَّذِي يُخْلَطُ بِهِ الطِّينُ

“Menurut pendapat Ashoh adalah diperbolehkannya menjual karpet-karpet dan batang kayu milik masjid jika bendanya telah rusak, robek atau hampir robek dan tidak layak pakai kecuali untuk dibakar. Agar tidak sia-sia begitu saja, maka mendapatkan sedikit pemasukan (dari penjualan diatas) yang dimasukkan (ke dalam kas) wakaf, tentu lebih baik. Dan hal ini dikecualikan dari (larangan) penjualan benda wakaf, karena dihukumi seolah tidak ada, dan keuntunagannya dialokasikan untuk kemaslahata masjid jika tidak mungkin untuk dibelikan karpet dan batang kayu lagi …. Dan khilaf Ulama terjadi pada benda-benda yang diwakafkan, meskipun telah dibeli oleh pihak yang menanganinya (Nadzir) lalu mewakafkannya. Berbeda halnya dengan infentarisir milik masjid yang diperoleh dengan cara membeli, maka sudah pasti boleh dijual kembali”.

2. Gagal Haji (Asilah dari MWCNU Kabuh)
Deskripsi Masalah
Menunaikan ibadah haji merupakan impian setiap muslim, apalagi kesempatan ibadah haji bagi jamaah Indonesia dapat juga digunakan untuk berziaroh ke kedua kota suci bagi umat islam yaitu Makkah Al-Mukarromah dan Madinah Al-Munawaroh. Sebagaimana yang dialami Pak Zaid, setelah kuota pemberangkatan diumumkan dan ongkos naik haji (ONH) terlunasi, betapa bahagianya Pak Zaid. Namun, setelah Pak Zaid berangkat ke asrama haji Surabaya betapa kagetnya pak Zaid karena oleh dokter petugas haji dinyatakan tidak layak berangkat ke Makkah karena alasan kesehatan. Dan memang Pak Zaid mempunyai riwayat penyakit yang menyebabkan harus cuci darah dalam siklus waktu tertentu. Akhirnya Pak Zaid pulang ke rumah dengan penuh rasa kecewa atas putusan dokter petugas haji tersebut. Selang beberapa hari Pak Zaid ditawari oleh kerabatnya yang sudah berada di Makkah untuk membadalkan hajinya dengan biaya tertentu dan Pak Zaid sepakat untuk membadalkan ibadah hajinya.

Pertanyaan
Sahkah ibadah haji atas Pak Zaid yang dibadalkan tersebut ?
Jawaban : Jika menurut dua dokter ahli penyakitnya ada harapan sembuh maka ibadah haji atas pak zaid tidak sah, dan jika penyakitnya tidak ada harapan sembuh maka sah.

الْبَيَانُ فِي مَذْهَبَ الْإِمَامِ الشَّافِعِيِّ الجزء الرابع صـ 54
[فَرْعُ اِسْتِنَابَةُ الْمَرِيْضِ] وَأَمَّا الْمَرَضُ فَضَرْبَانِ ضَرْبُ خَفِيْفٌ لَا يُخْشَى مِنْهُ التَّلَفُ كَالصُّدَاعِ وَوَجَعِ الْعَيْنِ وَالضَّرْسِ وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ فَهَذَا لَا يَجُوْزُ أَنْ يَحُجَّ الْغَيْرُ عَنْهُ فِيْهِ بِلَا خِلَافٍ لِأَنَّهُ مُتَمَكِّنٌ مِنْهُ بِنَفْسِهِ وَالضَّرْبُ الثَّانِي إِنْ كَانَ الْمَرَضُ مَخُوْفًا فَإِنْ كَانَ غَيْرَ مَيْؤُسٍ مِنْ بُرْئِهِ لَمْ يَجُزْ لَهُ أَنْ يَسْتَنِيْبَ الْغَيْرَ وَبِهِ قَالَ أَحْمَدُ ….. فَأَمَّا إِذَا كَانَ مَيْؤُسًا مِنْ بُرْئِهِ جَازَ لَهُ أَنْ يَسْتَنِيْبَ

Sakit terbagi menjadi dua: pertama sakit ringan yang tidak menyebabkan kematian, seperti pusing, sakit mata, sakit gigi dan sesamanya. Penyakit macam ini tidak memperbolehkan seseorang untuk membadalkan haji dengan tanpa perbedaan diantara Ulama. Kedua sakit yang dikawatirkan bisa menyebabkan kematian, yang juga terbagi menjadi dua : pertama sakit ada harapan sembuh, dalam kondisi ini tidak boleh mambadalkan haji kepada orang lain, sebagaimana pendapat Imam Ahmad. Kedua sakit yang tidak ada harapan sebuh, dalam kondisi seperti ini boleh membadalkan haji kepada orang lain.

حَاشِيَةُ الْبُجَيْرِمِيّ عَلَى الْمِنْهَاجِ الجزء السادس صـ 13
(قَوْلُهُ: أَوْ خَوْفِ عَضْبٍ) بِقَوْلِ عَدْلَيْنِ كَمَا صَرَّحَ بِهِ فِي الْعُبَابِ تَبَعًا لِلْمَجْمُوعِ فِي نَظِيرِهِ مِنْ لُحُوقِ الْمَشَقَّةِ عَلَى الرَّاكِبِ أَوْ مَعْرِفَةِ نَفْسِهِ
Ketidak mampuan berangkat haji harus berdasarkan ucapan dua orang adil atau pengetahuannya sendiri

Sudah gugurkah taklif (tanggungan) ibadah haji bagi Pak zaid ?
Jawaban : dicukupkan pada poin A
Bolehkah Pak Zaid menarik ONH yang telah dilunasi ?
Jawaban : boleh
تُحْفَةُ الْمُحْتَاجِ الجزء السادس صـ 169
وَلَا تَسْتَقِرُّ الْأُجْرَةُ بِمُجَرَّدِ التَّمْكِينِ حَيْثُ مَضَتْ مُدَّةُ الْإِجَارَةِ وَكَانَتْ الْمَنْفَعَةُ مُقَدَّرَةً بِوَقْتِ أَوْ مُدَّةِ إمْكَانِ اسْتِيفَاءِ الْمَنْفَعَةِ وَكَانَتْ مُقَدَّرَةً بِعَمَلٍ وَلَمْ يَضَعْ يَدَهُ عَلَيْهَا كَمَا اقْتَضَاهُ تَعْلِيلُهُمْ الْمَذْكُورُ بَلْ لَا بُدَّ مِنْ قَبْضِ الْمُكْتَرِي لِلْعَيْنِ كَالْقَبْضِ السَّابِقِ فِي الْبَيْعِ وَهُوَ ظَاهِرٌ انْتَهَى اهـ سم

Penyewa tidak wajib memberikan upah hanya dengan dipersilahkan mengunakan barang ketika masa sewa telah lewat sedangkan manfaat dibatasi dengan waktu, atau hanya dengan lewatnya masa yang dimungkinkan untuk mengunakan barang sedangkan manfaat dibatasi dengan pekerjaan dan ia belum menerima barang tersebut.

الْمَجْمُوْعُ شَرْحُ الْمُهَذَّبِ الجزء السادس صـ 26
(فَرْعٌ) قَالَ صَاحِبُ الْحَاوِي لَوْ أَجَّرَ الدَّارَ أَرْبَعَ سِنِينَ مَثَلًا بِمِائَةِ دِينَارٍ وَقَبَضَهَا وَلَمْ يُسَلِّمْ الدَّارَحَتَّى مَضَتْ الْمُدَّةُ بَطَلَتْ الْإِجَارَةُ وَلَزِمَهُ رَدُّ الْأُجْرَةِ
Pengarang kitab Al Hawi bekata : bila sesorang menyewakan rumah selama empat tahun dengan uang sewa seratus dinar, dan ia telah menerima uangnya, dan ia belum menyerahkan rumahnya sampai batas waktu empat tahun, maka akad sewa batal dan ia harus mengembalikan uang sewa

3. Aqiqoh Siap Saji (Asilah dari MWCNU Diwek)
Deskripsi Masalah
Aqiqoh adalah salah satu tanggung jawab orang tua terhadap anak, namun pada pelaksanaannya banyak sekali orang tua dalam melaksanakan aqiqoh tidak memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Diantara praktek yang dilakukan adalah memesan aqiqoh siap saji dengan cara hanya mengirimkan nama dan menentukan hari serta tanggalnya untuk dikirimkan tanpa mengetahui keberadaan kambingya. Dan begitu juga adakalanya dengan mencicil aqiqoh untuk anak laki-laki.

Pertanyaan
Bagaimana pandangan fiqih tentang praktek aqiqoh siap saji sebagaimana deskripsi diatas ?
Jawaban : boleh dan sah jika kambing yang disembelih memenuhi syarat.

إِعَانَةُ الطَّالِبِيْنَ الجزء 2 صـ 335‏
في فتاوي العلامة الشيخ محمد بن سليمان الكردي محشي شرح إبن حجر على المختصر ما نصه: سئل رحمه الله تعالى جرت عادة أهل بلد جاوى على توكيل من يشتري لهم النعم في مكة للعقيقة أو الأضحية ويذبحه في مكة والحال أن من يعق أو يضحي عنه في بلد جاوى فهل يصح ‏ذلك أو لا؟ أفتونا (الجواب) نَعَمْ يَصِحُّ ذَلِكَ وَيَجُوْزُ التَّوْكِيْلُ فِي شِرَاءَ الْأُضْحِيَةِ وَالْعَقِيْقَةِ وَفِي ذَبْحِهَا وَلَوْ بِبَلَدٍ غَيْرِ بَلَدِ الْمُضَحِّي وَالْعَاقِّ كَمَا أَطْلَقُوْهُ فَقَدْ صَرَحَ أَئِمَّتُنَا بِجَوَازِ تَوْكِيْلِ مَنْ تَحِلُّ ‏ذَبِيْحَتُهُ فِي ذَبْحِ الْأُضْحِيَةِ وَصَرَّحُوْا بِجَوَازِ التَّوْكِيْلِ أَوِ الْوَصِيَّةِ فِي شِرَاءِ النَّعَمَ وَذَبْحِهَا وَأَنَّهُ يُسْتَحَبُّ حُضُوْرُ الْمُضَحِّي أُضْحِيَتَهُ وَلَا يَجِبُ

Sah dan diperbolehkan mewakilkan pembelian dan menyembelihan qurban dan aqiqioh, meskipun bertempat diluar daerah orang yang berqurban dan yang beraqiqoh. Dan hanya sunah bagi yang berqurban hadir pada waktu qurban, tidak sampai wajib hukumnya.

فَتْحُ الْمُعِيْنِ صـ 14
فَمَنْ صَلَّى بِدُوْنِهَا لَمْ تَصِحَّ صَلَاتُهُ وَإِنْ وَقَعَتْ فِي الْوَقْتِ لِأَنَّ الْاِعْتِبَارَ فِي الْعِبَادَاتِ بِمَا فِي ظَنِّ الْمُكَلَّفِ وَبِمَا فِى نَفْسِ الْأَمْرِ وَفِى الْعُقُوْدِ بِمَا فَى نَفْسِ الْأَمْرِ فَقَطْ
Yang menjadi pertimbangan dalam ibadah adalah sesuatu yang menjadi dugaan dari pelaku dan sesuai kenyataan, dan yang menjadi pertimbangan dalam akad adalah sesaui kenyataan saya.

Bagaimana hukum mencicil aqiqoh untuk anak laki-laki?
Jawaban : boleh dan sah

الْمَحَلِّي عَلَى الْمِنْهَاجِ الجزء الرابع صـ 257
تَنْبِيهٌ: يَحْصُلُ أَصْلُ السُّنَّةِ فِي عَقِيقَةِ الذَّكَرِ بِشَاةٍ كَمَا فِي الرَّوْضَةِ كَأَصْلِهَا
Asal kesunahan aqiqoh anak laki-laki bisa hasil dengan menyembelih satu kambing.

Catatan: Beragam masalah di atas dibahas LBM PCNU Jombang putaran ke-3 pada 08 April 2018 di Masjid Al-Bashiroh Ngeledok, Mojokrapak, Tembelang, Jombang


Editor:

Bahtsul Masail Terbaru