• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

Harlah Ke-98, PCNU Jombang akan Resmikan Lambang NU Terbesar di Dunia

Harlah Ke-98, PCNU Jombang akan Resmikan Lambang NU Terbesar di Dunia
Persiapan peresmian lambang NU di kantor PC NU Jombang (Foto: NU Jombang Online)
Persiapan peresmian lambang NU di kantor PC NU Jombang (Foto: NU Jombang Online)

NU Jombang Online, 
Dalam rangka hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke 98, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang meresmikan monumen lambang NU esok Ahad (28/02). Yang mencengangkan, ini adalah monumen lambang NU terbesar di dunia. Monumen yang dibangun di depan kantor PCNU Jombang Jl. Raya Mojoagung No. 90 Jombang ini rencananya akan diresmikan langsung oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

KH Salmanuddin Yazid, Ketua PCNU Jombang mengatakan, Harlah NU ke-98 ini merupakan momentum bagi para Santri, Muassis dan Masyayikh NU untuk berkhidmat secara maksimal. NU adalah wasilah bagi ummat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dan berusaha untuk selalu menjadi barisan auliya dan ulama.

"Ini waktunya bagi kita memperbaiki khidmat kita di NU. Supaya generasi berikutnya bisa merasakan kemudahan dan kebanggaan berkhidmat di NU," ungkap Gus Salman ketika ditemui NU Jombang Online, Sabtu (27/2).

Untuk membuat monumen lambang NU 4 dimensi yang dilengkapi dengan taman dan kolam ikan yang indah, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebanyak Rp 200 juta dihabiskan untuk membangun monumen lambang NU ini. 

"Semuanya bersatu saling berkhidmat untuk NU. Ahamdulillah, kita punya Kader Terbaik Jombang yang kebetulan menjadi Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar yang menitipkan kenang-kenangan berupa pembuatan Lambang NU terbesar ditengah taman dan kolam didepan kantor PCNU ini. Sebanyak 85 persen dari total biayanya, dicover beliau dan sisanya merupakan hasil urunan dan kas PCNU Jombang," jelasnya.

Dengan adanya lambang NU terbesar di kantor PCNU Jombang, pihaknya berharap agar masyarakat Nahdliyin dapat lebih memiliki rasa percaya diri, yakin dan ikhlas untuk berkhidmat di NU. Mengabdi untuk agama, umat, bangsa dan negara.

Gus Salman menambahkan, monumen lambang NU ini diharapkan dapat sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa NU adalah adalah organisasi keagamaan dan kemasyarakatan yang Istiqomah dan lurus dalam membawa serta menyebarkan pesan Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

"Kita hanya bisa meneladani Hadratussyeikh KH Muhammad Hasyim Asy’ari. Beliau dawuh dalam nadhom, para pendahulu telah menanam dan kita merasakan buahnya saat ini. Maka kita harus menanam kembali, supaya generasi masa depan bisa merasakan buahnya," papar Gus Salman.

Selain itu, masih dalam rangka Harlah NU ke 98, PCNU Jombang juga mengukuhkan serta meningkatkan pemberdayaan ekonomi Jama’ah dan Jam’iyyah sebagai prioritas. Ini, menurut Gus Salman, dilakukan sebagai ikhtiar agar NU tidak terhambat secara ekonomi, dalam hal beribadah dan berdakwah. salah satunya, lanjut Gus Salman, adalah dengan mendirikan BMT NU.

"Alhamdulillah, kita sudah punya 1 kantor pusat BMT NU (lembaga keuangan syariah) dan 21 Cabang. Masyarakat nahdliyyin bisa mengaksesnya dengan mudah demi meningkatkan taraf ekonominya. Agar semua layanan NU untuk Nahdliyyin lancar, maka kami memberikan layanan dengan sistem yang mudah diakses oleh kaum nahdliyin," jelasnya.

Pewarta: Rahmadi
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru