• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 28 Maret 2024

Daerah

Hadapi 'New Normal', NU Jombang Kembali Jalankan Program Organisasi pada Juli 2020

Hadapi 'New Normal', NU Jombang Kembali Jalankan Program Organisasi pada Juli 2020
Ketua PCNU Jombang, KH Salmanudin Yazid. (Foto: NU Jombang Online/Syamsul Arifin)
Ketua PCNU Jombang, KH Salmanudin Yazid. (Foto: NU Jombang Online/Syamsul Arifin)

NU Jombang Online, 
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menyepakati untuk kembali melaksanakan program-programnya dan program semua lembaga yang dimiliki setelah beberapa bulan stagnan, lantaran pandemi Covid-19. Kesepakatan ini menyusul atas kebijakan New Normal atau tatanan kenormalan baru yang digagas pemerintah.

"Kita sepakat program-program PCNU dan lembaganya dimulai kembali pada bulan Juli mendatang. Pada Juni ini masih dalam fase persiapan," kata Ketua PCNU Jombang, KH Salmanudin Yazid saat rapat koordinasi PCNU dengan pengurus lembaga di kantor PCNU, Senin malam (8/6).

Ia berpandangan bahwa, program-program yang sudah dirumuskan oleh PCNU beserta lembaga-lembaganya pada saat musyawarah kerja cabang (Muskercab) adalah amanah organisasi yang harus dijalankan. Karenanya, pandemi Covid-19 ini harus disikapi dengan bijak.

Yang paling penting program harus tetap dijalankan, tetapi dengan memperhatikan panduan-panduan kesehatan sebagaimana imbauan pemerintah. Seperti menjaga jarak, memakai masker, rajin cuci tangan atau memakai hand sanitizer, dan lain sebagainya.

"Hal-hal yang teknis semacam itu akan kita susun dalam surat resmi PCNU kemudian kita informasikan kepada Pengurus-pengurus lembaga," jelasnya.

Di samping itu, lanjutnya, pembatasan jumlah massa saat hendak menggelar kegiatan yang melibatkan banyak orang juga akan diatur. Semua itu dilakukan semata agar program-program organisasi kembali berjalan tanpa menafikan kebijakan-kebijakan pemerintah agar selalu memperhatikan protokol Covid-19.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Jombang, Mukhlis Irawan mengungkapkan, situasi Covid-19 telah banyak menyita program-program NU. Kurang lebih tiga hingga empat bulan terakhir banyak program 'terpaksa' harus dipending, padahal program-program tersebut secara keseluruhan sudah terjadwal sebagaimana hasil Muskercab.

Sementara itu, lanjutnya, pada Agustus mendatang PCNU harus kembali menggelar Muskercab yang keempat guna menyusun dan merumuskan program-program PCNU dan lembaganya untuk satu tahun ke depan. Muskercab sendiri digelar setiap tahun di masa periode kepengurusan PCNU.

"Sesuai jadwal kita, bulan Agustus nanti sudah harus melaksanakan Muskercab lagi. Kali ini terasa cepat memang karena sitausi Covid-19 mengharuskan kita untuk banyak berdiam di rumah," ungkapnya.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Wakil Syuriyah PCNU Jombang, Kiai M Sholeh, Katib Syuriyah, Kiai Samsul Rijal, jajaran wakil ketua PCNU, dan pengurus-pengurus lembaga PCNU.

Pewarta: Ahmad 
Editor: Syamsul Arifin 


Editor:

Daerah Terbaru