Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Gunakan Motif Candi Arimbi, Santri Jombang Raih Juara 3 Lomba Desain Iluminasi Mushaf Nasional

Salah satu santri Jombang yang meraih juara 3 lomba iluminasi mushaf nasional
Salah satu santri Jombang yang meraih juara 3 lomba iluminasi mushaf nasional
NU Jombang Online,
Mengambil kearifan lokal Jombang, tim yang terdiri dari 4 orang santri mendesain iluminasi mushaf Al-Quran. Desain tersebut ikut serta dalam Lomba Nasional Iluminasi Mushaf Al-Qur'an yang diselenggarankan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI. Desain tersebut meraih juara 3.
 
Motif candi Arimbi Jombang menjadi pilihan ukiran yang disematkan di sekeliling ayat-ayat Al-Qur'an. Hal ini dilakukan untuk melestaraikan warisan budaya leluhur. Zainul Mujib, yang merupakan ketua tim kelompok tersebut mengatakan, ia bersama tim mengikuti lomba tersebut untuk senantiasa merangsang lahirnya ide-ide kreatif, dan berharap selalu ada peningkatan kualitas pada karya mereka.
 
"Kami membuat desain ini secara manual. baru kemudian digitalkan bersama tim. Selain itu, kompetisi ini juga sekaligus untuk menyelesaikan proyek mushaf Jombang," ujar salah satu santri dari Pondok Mambaul Ma'arif Denayar Jombang ini.
 
Bagi Mujib, menjadi juara bukanlah tujuan utama dan juga bukan hal yang penting, Yang terpenting adalah proses yang dilaluinya, pengalaman yang alami serta masalah dan kesulitan yang dihadapi.
 
"So, jangan keburu merasa sukses ya guys nikmati saja dulu prosesnya. Setelah dinyatakan mendapat juara 3 yang pasti kami bersyukur, karena kami dapat mengukur kemampuan pribadi kami. selain itu, kami bisa mengetahui bahwa di uar sana masih banyak orang-orang hebat," jelas Mujib.
 
Mujib Berharap, kedepan para pemuda mampu melestarikan khazanah kebudayaan indonesia yang telah diwariskan para pendahulu.
 
"Jika zaman dahulu para pahlawan berjuang untuk Indonesia dengan nyawa, semestinya bagi para pemuda masa kini  berjuanglah untuk Indonesia dengan karya dan cinta. Karena dengan karya kalian ada," pungkasnya.
 
Lomba nasional iluminasi mushaf Al Qur'an ini diselenggarakan secara online  dari tanggal 14 Agustus  hingga 30 Oktober 2020. Kemudian, hasilnya diumumkan melalui website resmi penyelenggara yaitu https://kemenag.go.id/berita/read/514605/ini-pemenang-lomba-nasional-iluminasi-mushaf-al-qur---an-2020 pada 13 November.
 
Dalam lomba tersebut pemenang memperoleh uang pembinaan sebesar 20 Juta bagi juara 1, 15 juta juara 2, 12 juta juara 3, serta harapan 1 10 juta, 8 juta harapan 2, 7 juta harapan 3 dan 10 peserta favorit mendapatkan 5 juta.
 
Pewarta: Rohmadi
Editor: Fitriana