Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Gelar Upgrading, IPNU-IPPNU Bandarkedungmulyo Tingkatkan Kualitas Kader

Pemaparan Materi Oleh Syahrur Rozikin (foto : Istimewa)
Pemaparan Materi Oleh Syahrur Rozikin (foto : Istimewa)

NU Jombang Online,
Untuk memberikan pengetahuan agar memiliki kemampuan berorganisasi yang baik dan benar, Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PAC IPNU-IPPNU) Bandar Kedung Mulyo menggelar kelas upgrading pelajar NU 2021 dengan tema Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Kader Menuju Generasi Muda Yang Berintelektual. Kegiatan ini berlangsung di TPQ Al-Munawariyah, Desa Tinggar, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang pada Selasa (06/07).

Pemateri yang dihadirkan adalah  Ziyana Mumtazah, Putri Inspirasi 2020, Imam  Muhtarom, Pembina PAC IPNU Bandar Kedung Mulyo dan  Muhammad Syahrul Rozikin Waka V PC IPNU Jombang.

Aqil Mubayyinul Haq, Ketua PAC IPNU Bandar Kedung Mulyo mengatakan, kelas upgrading ini digelar untuk membekali pengurus IPNU dan IPPNU di tingkat anak cabang dan ranting tentang pengetahuan dan kemampuan berorganisasi yang baik dan benar.

Menurutnya, kualitas sumber daya kader IPNU-IPPNU adalah salah satu faktor besar demi kemajuan dan lancarnya organisasi. Sehingga, sangat perlu sebagai pengurus IPNU dan IPPNU untuk tahu tugas dan kewajibannya masing-masing. 

“Jika organisasi IPNU dan IPPNU  maju dan berjalan lancar ini adalah bentuk kita meneruskan perjuangan para pendiri NU,” imbuh alumni santri Pondok Krempyang Nganjuk tersebut.

Lelaki yang akrab disapa Aqim ini menilai, tidak semua pengurus memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik dan benar dalam berorganisasi. Karena itu, menurutnya dibutuhkan upgrading agar pengurus-pengurus IPNU dan IPPNU di ranting bisa memahami tugas dan kewajibannya.

Ada tiga materi yang dipaparkan dalam upgrading kali ini, diantaranya adalah manajemen organisasi, komunikasi dan kerja sama tim, serta problem solving.

“Saya berharap setelah selesainya acara ini, peserta bisa memiliki wawasan, ilmu pengetahuan, serta pola pikir berorganisasi yang baik," ungkap mahasiswa Universitas Wahab Hasbullah (UNWAHA) ini.

Selain itu, Mathori Nur Rifa'i, ketua panitia kelas upgrading juga berpesan bahwa sudah saatnya kader pengurus PAC maupun ranting memiliki kualitas dalam berorganisasi.

“Hari ini, kader IPNU dan IPPNU sudah harus siap dalam menyambut segala kemungkinan yang berkaitan dengan organisasi. Kelas upgrading ini merupakan langkah yang strategis untuk meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi,” ujar pria yang akrab disapa Rifa'i ini.

Kontributor: Septy Yuanita 
Editor Fitriana