• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Gandeng Klinik Pratama, Ranting NU dan UPZISNU Berikan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis

Gandeng Klinik Pratama, Ranting NU dan UPZISNU Berikan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis
Foto bersama pihak klinik pratama, PRNU, dan UPZISNU. (Foto: Istimewa)
Foto bersama pihak klinik pratama, PRNU, dan UPZISNU. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang, 
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) dan Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang mengadakan bakti sosial (Baksos) kesehatan di Masjid Riyadlul Jannah, Kauman Utara, Sabtu (28/8). Acara ini sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dan Tahun Baru Hijriyah 1443.

Hariono, Ketua UPZISNU Desa Jombang mengungkapkan, check up kesehatan seringkali terabaikan oleh masyarakat kurang mampu. Jangankan secara rutin, berkala pun kadang tak bisa dilakukan, lantaran terkendala biaya. Karena itu, acara ini adalah upaya untuk menjawab persoalan tersebut.

"Kegiatan bakti sosial kesehatan ini untuk membantu masyarakat tidak mampu dalam mangakses kesehatan gratis. Di samping itu, kegiatan Baksos ini juga dilatarbelakangi pada wujud penguatan salah satu pilar pengabdian UPZISNU di bidang kesehatan," jelasnya.

Baksos yang bekerja sama dengan Klinik Pratama Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MCWCNU) Jombang itu fokus pada pelayanan check up dan pengobatan gratis. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

"Setiap peserta yang terdata diberi kartu peserta untuk didaftar ulang saat pelaksanaan Baksos. Proses selanjutnya adalah cek suhu badan, berat badan, tensi darah, gula darah, kolesterol dan asam urat. Hasil cek diberikan kepada dokter untuk dilakukan konsultasi dokter sebagai dasar pemberian resep dan obat," ungkapnya.

Masyarakat sekitar menyambut antusias adanya Baksos kesehatan itu. Panitia berharap agar kegiatan ini bisa berlangsung secara berkala. Untuk itu, dukungan dari semua pihak sangatlah dibutuhkan, agar masyarakat sehat dan kuat.

"Dalam kegiatan itu, peserta yang hadir sejumlah kurang lebih 110 orang terdiri dari peserta mayoritas kurang mampu dan tamu kehormatan. Ada para kiai, pamong desa dan tokoh masyarakat," pungkasnya.

Kontributor: Syaiful Chabib
Editor: Ahmad 


Editor:

Daerah Terbaru