Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Diresmikan, BMTNU Cabang Bandarkedungmulyo Jombang Harus Perkuat Ekonomi Nahdliyin

Pemotongan pita sebagai pertanda pembukaan kantor BMTNU Bandarkesungmulyo oleh Kiai Asmui Karim. (Foto: Dok BMTNU Jombang)
Pemotongan pita sebagai pertanda pembukaan kantor BMTNU Bandarkesungmulyo oleh Kiai Asmui Karim. (Foto: Dok BMTNU Jombang)

NU Jombang Online, 
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang meresmikan Kantor Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) cabang setempat di Gedung Kantor Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Bandarkedungmulyo, Sabtu (19/6) malam.

Acara dihadiri langsung Direktur BMTNU Jombang, H Khoirul Anam. Dalam sambutannya ia mengatakan BMTNU Cabang Bandarkedungmulyo ini merupakan yang BMTNU cabang yang ke-20 dari 21 kecamatan di Kabupaten Jombang.  

"BMTNU cabang pertama di Jombang sudah berdiri sejak tahun 2013 dan sudah berjalan 8 tahun disambut gegap gempita oleh Nahdliyin, saat itu berdirinya cabang BMT pertama dan kedua masih tertatih-tatih dalam mencari permodalan, alhamdulillah BMTNU Cabang Bandarkedungmulyo ini yang baru berjalan 2 bulan sudah punya aset 250 juta," katanya.

Pihaknya menjelaskan bahwa saat ini PCNU Kabupaten Jombang menjadi percontohan bagi PCNU lainnya di Jawa Timur khususnya pada aspek pengelolaan BMTNU. Ia juga berharap agar nantinya BMTNU Bandarkedungmulyo juga bisa jadi percontohan untuk BMTNU kecamatan lainnya.

Di Jawa Timur sendiri target pendirian BMTNU sebanyak 100  cabang. Khoirul menegaskan PCNU dalam mengambil langkah ekonomi Ini harus diperkuat dengan dukungan Nahdliyin, lembaga juga badan otonom (Banom) NU.

"BMT ini sebagai solusi keumatan, dan solusi ekonomi NU, BMTNU sendiri bisa berjalan dengan bagus tidak lepas dari dukungan, doa dan peran aktif Nahdliyin di BMTNU," jelasnya.

Untuk itu bagi Nahdliyin diharapkan ikut mendukung program ini dengan cara menabung di BMTNU. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan membawa data diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan biaya 10.000 sebagai tabungan awal. Dan untuk menjadi anggota koperasi BMTNU hanya dengan uang 100.000 sebagai simpanan pokok.

Keberadaan BMTNU juga diharapkan berjalan dengan maksimal, sehingga bisa menyejahterakan perekonomian warga NU dan bisa memajukan jalannya organisasi Nahdlatul Ulama. Bila demikian, kaya dia, maka cita-cita kiai dan ulama NU dalam menjadikan jamaah dan jamiyah NU yang mandiri benar-benar dapat terwujud.

Pada kesempatan yang sama Katib PCNU Jombang, Ahmad Samsul Rijal mengatakan, pengurus NU di Bandarkedungmulyo agar meningkatkan kebersamaan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan organisasi.

"Saya berharap program MWCNU Bandarkedungmulyo semuanya  beres dan kokoh, gerak semuanya dan jadi contoh yang lainnya, sekarang ini NU bisa berjalan cepat adalah buah pencapaian bersama-sama," imbuhnya.

Peresmian kantor BMTNU cabang ini dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan MoU BMTNU Jombang, MWCNU Bandarkedungmulyo, dan BMTNU Cabang Bandarkedungmulyo. Kemudian dilanjutkan dengan memotong pita oleh Syuriyah MWCNU Bandarkedungmulyo, Kiai Asmui sebagai pertanda Kantor BMTNU Bandarkedungmulyo resmi dibuka. Pada kesempatan ini ia juga memimpin doa penutup.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pengurus NU Bandarkedungmulyo dengan berbagai Banomnya dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kontributor: Septy Yuanita
Editor: Ahmad