Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Diperlukan Sinergitas PMII dengan Wartawan untuk Hadapi Perkembangan Teknologi Informasi

Suasana kebersamaan PC PMII saat menghadiri acara pelantikan pengurus PWI di pendopo Kabupaten Jombang. (Foto: NU Jombang Online/Faiz)
Suasana kebersamaan PC PMII saat menghadiri acara pelantikan pengurus PWI di pendopo Kabupaten Jombang. (Foto: NU Jombang Online/Faiz)

NU Jombang Online,
Sebagian Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Jombang menghadiri undangan pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat di Pendopo Kabupaten Jombang. Rabu (17/3).

Muhammad Safruddin (25), salah satu pengurus PMII yang konsentrasi di bidang pengembangan ekonomi menyatakan, kiprah wartawan di era globalisasi 4.0 sangat dibutuhkan. Zaman yang ditandai dengan munculnya beragam teknologi dan aneka platform media sosial itu bukan sekadar berfungsi membantu mempermudah pekerjaan atau kebutuhan manusia, tapi sisi lainnya justru kadang disalahgunakan untuk hal-hal negatif. Di sinilah wartawan perlu hadir mengedukasi masyarakat, termasuk warga pergerakan.

"Sebab, gerakan di masa pandemi ini bukan hanya turun di lapangan saja. Namun, bergerak juga di media sosial untuk memperoleh suatu karya yang meluas, dengan mengetahui segala perkembangan isu," ujarnya.

Oleh karenanya, dirinya mengaku perlu bersinergi dengan para wartawan memberikan pemahaman yang konkret terkait sikap yang tepat menghadapi era teknologi yang kian berkembang dengan cepat. Apalagi, kata dia, PC PMII Jombang hari ini sangat terbuka kepada sejumlah pihak untuk menjalin kerja sama demi memperkuat relasi, dan tentu membangun persatuan.

"Selain menambah relasi, kehadiran wartawan di tengah-tengah kita tentu diharapkan nanti. Sebagian wartawan akan bersumbangsih untuk mendidik serta mengajari kepada kader PMII tentang dunia jurnalistik misalnya," ujarnya.

Perihal yang sama disampaikan Faridnan Aziz, Wakil Bendahara PC PMII Jombang. Ia menegaskan, sudah saatnya saling bekerja sama antara kader PMII dengan wartawan untuk merespons perkembangan media dengan kacamata yang positif.

Dengan begitu, imbuhnya, para kader PMII diharapkan pengetahuannya lebih berkembang dan kian produktif dalam menggunakan teknologi dan juga media, baik media sosial maupun sejumlah media mainstream.

"Kader PMII harus berkarya bergerak dalam media yang lebih luas dengan jelas dan benar, agar masyarakat ataupun mahasiswa paham tentang berbagai gerakan yang ada di dalam organisasi PMII," pungkasnya.

Kontributor: Muhammad Fa'iz Hasan
Editor: Ahmad