• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

Diberikan ke LAZISNU Jombang, Gaji Kedua 11 Wakil Rakyat Diprioritaskan untuk Guru Ngaji

Diberikan ke LAZISNU Jombang, Gaji Kedua 11 Wakil Rakyat Diprioritaskan untuk Guru Ngaji
Para anggota DPRD Jombang foto bersama dengan pengurus LAZISNU usai menyerahkan gaji. (Foto: Istimewa)
Para anggota DPRD Jombang foto bersama dengan pengurus LAZISNU usai menyerahkan gaji. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur kembali menerima titipan gaji 10 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat dan satu anggota DPRD tingkat provinsi. Penyerahan gaji pokok para wakil rakyat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut adalah kali kedua setelah bulan April lalu.

Ketua F-PKB DPRD Jombang, M Subaidi Mukhtar mengatakan, gaji diserahkan ke LAZISNU untuk membantu masyarakat Jombang yang terdampak Covid-19, baik secara medis ataupun dampak ekonomi. Namun kali ini ia meminta LAZISNU untuk lebih memprioritaskan para guru ngaji, seperti guru Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) dan guru-guru di lembaga serupa.

"Tentu mereka guru ngaji saat ini benar-benar kita perhatikan. Mereka sudah berjuang mendidik anak-anak bangsa dengan ikhlas," katanya saa mendatangi kantor PC LAZISNU Jombang bersama anggota lainnya, Selasa (5/5).

Pria yang akrab disapa Pak Sub ini menambahkan, penyerahan gaji itu juga adalah wujud komitmen awal F-PKB untuk membantu menanggulangi dampak Covid-19 di tengah masyarakat. Sementara dipilihnya LAZISNU sebagai lembaga yang dipercayainya lantaran gerakannya yang dinilai masif hingga ke tingkat desa dalam hal membantu masyarakat terdampak Covid-19.

"Kami percaya kepada LAZISNU Jombang dalam mengelola gaji kami untuk masyarakat yang betul-betul membtuhkan," imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin mengamini permintaan para wakil rakyat tersebut. Diakuinya, belakangan ini LAZISNU memang tengah berupaya menyentuh para guru ngaji TPQ dan tokoh masyarakat yang ada di kampung-kampung. Salah satu yang telah dilakukannya seperti berbagi bahagia bersama kiai dan bu nyai kampung. Sebanyak 500 paket beras dan sarung serta mukena sudah dibagikan kepada mereka melalui Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jombang.

"Gaji panjenengan semua ini akan kami tasharrufkan sesuai amanah panjenengan. Beberapa waktu lalu kami bersama LDNU telah membagikan 500 paket, alhamdulillah masih berlangsung hingga saat ini," jelasnya.

Gok Din menyebut, gaji kedua yang diterima sebesar 21 juta rupiah. Gaji ini akan dikelola LAZISNU sesuai dengan amanah anggota DPRD. Dalam praktiknya nanti tidak harus berupa uang, tetapi menyesuaikan kebutuhan yang mendesak para guru ngaji, bisa berupa sembako atau dalam bentuk lainnya.

"Sementara untuk gaji pertama kami sudah berikan kepada masyarakat dalam bentuk masker, paket sembako, dan hand sanitizer," ucapnya.

Mengingat masih banyaknya masyarakat yang perlu uluran tangan, ia mengajak kepada segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama membantu warga terdampak Covid-19. Kali ini yang paling mendesak adalah membantu meringankan beban ekonomi mereka. Menurutnya, sudah tak terhitung orang yang kehilangan pekerjaan atau penghasilannya selama pandemi, belum lagi masyarakat yang memang tidak memiliki pekerjaan pasti.

"Saya pikir kalau persoalan upaya pencegahan sudah masif dilakukan oleh sejumlah pihak. Nah, kali ini saatnya kita bersinergi membantu menyelesaikan dampak ekonominya," pungkasnya.

Pewarta: Ahmad
Editor: Syamsul Arifin 


Editor:

Daerah Terbaru