• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Di Desa Ini, Warga Sambut Tahun Baru Islam dengan Sedekah Bumi

Di Desa Ini, Warga Sambut Tahun Baru Islam dengan Sedekah Bumi

NU Jombang Online, 
Dalam rangka menyambut tahun baru Islam atau stau 1 Muharam 1441 Hijriyah, ratusan warga Dusun Banjarsari, Desa Rejoslamet, Kecamatan mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggelar sedekah bumi dan ruwatan, Ahad (1/9/2019).

Acara dengan tagline Semarak Banjarsari Karnaval 1 September 2019 ini merupakan tradisi tahunan, konsepnya dilakukan dengan mengarak gunungan hasil bumi dan pawai budaya yang menampilkan beberapa karya kreatifitas masyarakat Dusun Banjarsari, serta doa bersama untuk keselamatan bangsa sekaligus doa turun hujan.

Menurut Kepala Desa Rejoslamet, H Sulkan, gunungan yang diarak keliling kampung tersebut merupakan hasil dari kebun dan persawahan warga setempat. "Gunungan tersebut berisi sayur-sayuran dan juga ada buah-buahan, serta ada uang tunai, yang ditaruh di atas puncak gunungan," ucapnya.

Gunungan hasil bumi tersebut diarak keliling kampung dengan disaksikan oleh ratusan warga. Selanjutnya gunungan akan ditaruh di tengah lapangan untuk dinikmati dan disedekahkan kepada warga sekitar. 

Kades Rejoslamet mengatakan, pawai budaya diikuti seluruh masyarakat Banjarsari serta dari masyarakat desa sekitar. "Hal ini dapat dilihat dari penampilan berbagai kreatifitas, fashion, kesenian tradisional, termasuk penampilan grup drumband dari MI Al Huda Rejoslamet, SMPU Al Ittihad, dan dari lembaga-lembaga sekitar," kata dia.

Sementara itu warga sekitar, Dhikrul Hakim menyebut, dalam gelaran tahunan tersebut turut dihadiri oleh seluruh perangkat Desa Rejoslamet. "Sebagai warga Banjarsari sangat bangga dengan kekompakan dan Guyub rukunnya masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Rejoslamet," tandasnya. 

Saat ditanya mengenai tujuan dan harapan dari acara tersebut, pria yang juga berprofesi sebagai Dosen di UNIPDU Jombang dan pengurus LTMNU Jombang menuturkan, acara ini merupakan salah satu cara warga untuk memperingati tahun baru Hijriyah sekaligus sedekah dusun, juga mensyukuri atas keberkahan nikmat yang diberikan kepada warga masyarakat sekaligus meminta keselamatan dan keberkahan pada Allah SWT.

"Dengan harapan semoga Dusun Banjarsari, Desa Rejoslamet bisa tambah maju, berkembang, guyub rukun, khusunya para pemuda dan seluruh warga masyarakatnya, bisa lancar berkah semua," tutrnya. (Anggit/Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru