• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Demi Pendidikan Karakter Siswa, Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Siap Pembelajaran Tatap Muka

Demi Pendidikan Karakter Siswa, Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Siap Pembelajaran Tatap Muka
Ketua PC LP Ma'arif NU Jombang, Nur Khojin (Foto : D. Annisah/NUJO)
Ketua PC LP Ma'arif NU Jombang, Nur Khojin (Foto : D. Annisah/NUJO)

NU Online Jombang,
Demi menanamkan pendidikan karakter dan menjaga kualitas pembelajaran anak Indonesia, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Jombang menyatakan sekolah dan madrasah sangat siap menggelar pendidikan tatap muka (PTM) secara terbatas. 

Menurut Ketua PC LP Ma'arif NU Jombang, Nur Khojin, kegiatan PTM terbatas ini penting dilakukan agar tidak menghilangkan nilai-nilai sosial dalam pendidikan karakter.

"Pembelajaran dalam jaringan (daring) adalah solusi. Namun, ini bukan solusi yang komprehensif. Ada nilai-nilai yang harus ditanamkan pada anak-anak dan hanya bisa dilakukan saat bertemu (pembelajaran) secara langsung," ujarnya.

Ia menambahkan, setiap lembaga yang akan melaksanakan PTM harus memenuhi syarat mutlak melalui aturan-aturan yang ketat sebagai payung untuk melaksanakan kegiatan PTM. Selain itu, PTM harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik sesuai SOP yang terdapat dalam Instruksi Menteri dalam Negeri (Inmendagri) No 35 Tahun 2021. 

"Kami dari pihak Ma'arif menyikapi kebijakan untuk tetap memperhatikan dan mengikuti regulasi yang ada. Surat izin tertulis baik dari Satgas Kabupaten maupun masukan dari para wali murid menjadi syarat utama sebelum melakukan pembelajaran tatap muka," ujar Nur Khojin.

Selain itu, lanjut dia, tak hanya pengajar yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat, pelajar pun diwajibkan vaksin sebelum melakukan kegiatan PTM. 

"Kami diminta oleh provinsi untuk melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian maupun pihak TNI guna membuka space-space yang bisa dimanfaatkan oleh Maarif. Ini kaitannya dengan vaksin siswa yang sesuai dengan prosedur dinas kesehatan," tegasnya.

 

Kontributor : D. Annisah
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru