• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Dari Kirab Koin, LAZISNU Jombang Bantu Perbaikan Masjid dan Mushalla

Dari Kirab Koin, LAZISNU Jombang Bantu Perbaikan Masjid dan Mushalla

NU Jombang Online,
Perolehan hasil Kirab Kotak Infaq (Koin) Sedekah LAZISNU Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus didistribuksikan. Salah satunya untuk memperbaiki masjid dan mushalla di berbagai titik agar tampak lebih bagus.

Salah satu mushalla yang mendapat bantuan perbaikan, yaitu Mushalla Kanzul Arsy yang berada di bagian timur Kecamatan Mojowarno, Jombang. Perwakilan tim dari LAZISNU mendatangi pengurus mushalla guna memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 5 juta, Selasa petang (28/5).

"Salah satu program Ramadhan LAZISNU yang pendanaannya dari hasil Kirab Koin NU 2019 adalah pengecatan dan renovasi ringan mushalla atau orang Jombang biasa menyebut langgar," kata Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin.

Mushalla ini berada di lingkungan masyarakat non muslim yang kurang terawat. Karenanya, ia menilai tempat ibadah umat Muslim tersebut dinilai cukup layak mendapat bantuan.

"Ini (mushalla) terletak di Timur Mojowarno, atau berada di tengah komunitas non Muslim," imbuh pria yang biasa disapa Gok Din ini.

Dirinya menyebut, hingga kini tim LAZISNU masih terus menyasar berbagai masjid dan mushalla yang dinilai layak mendapat perhatian. Terlebih tidak lama lagi, umat muslim akan melaksanakan shalat id yang mayoritas umat Muslim melakukannya di masjid dan atau mushalla. 

"Selain di Mojowarno, program pengecatan langgar juga dilakukan di Kecamatan Peterongan, Plandaan dan beberapa lokasi lain," ujar dia.

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya, Kirab kotak infaq (Koin) Nahdlatul Ulama yang diinisiasi Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang, Jawa Timur telah usai. Kirab Koin dimulai dari Jumat hingga Jumat (17-24/5) lalu.

Setelah pengurus LAZISNU merekap perolehan kirab secara keseluruhan, diketahui jumlahnya sebesar 213.020.700 (dua ratus tiga belas juta dua puluh ribu tujuh ratus rupiah) ditambah 60 sen Malaysia dan 20 sen Singapura. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru