• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 28 Maret 2024

Nasional

Cegah Covid-19, Cak Imin Donasikan 30 Juta melalui LAZISNU Jombang

Cegah Covid-19, Cak Imin Donasikan 30 Juta melalui LAZISNU Jombang
Wakil Ketua DPR RI, H Muhaimin Iskandar. (Foto:rmollampung.id)
Wakil Ketua DPR RI, H Muhaimin Iskandar. (Foto:rmollampung.id)

NU Jombang Online, 
Bantuan peduli Covid-19 hingga kini masih terus 'mengalir' kepada Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang, Jawa Timur. Setelah 10 anggota F-PKB DPRD Jombang dan satu anggota F-PKB DPRD Jawa Timur mengikhlaskan gaji pokoknya untuk pencegahan virus corona atau Covid-19 melalui LAZISNU, kini Wakil Ketua DPR RI, H Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) juga turut menyumbangkan sebagian rezekinya. 

Sebanyak 30.000.000 hari ini, Jumat (3/4) ditransfer lewat rekening PC LAZISNU Jombang. "Tadi Ketum (PKB) sudah memberi tahu saya kalau sudah ditransfer melalui rekening LAZISNU," kata Kepala Kantor DPC PKB Jombang, Anas Burhani kepada NU Jombang Online melalui sambungan telponnya.

Ketua LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin membenarkan hal tersebut. Dirinya sudah mengecek saldo rekening LAZISNU dan memastikan donasi dari Ketua Umum PKB itu sudah masuk. 

"Transferan 30 Juta sudah kami terima di rekening BSM LAZISNU. Saya pribadi dan atas Nama PC LAZISNU Jombang menyampaikan ribuan terima kasih kepada Bapak H Muhaimin Iskandar atas kepeduliannya pada masyarakat Jombang dalam menghadapi corona," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Gok Din ini menambahkan, bantuan tersebut tentu digunakan sesuai amanahnya. Yaitu dalam rangka membantu menangani wabah virus corona di tengah masyarakat Jombang. Tidak terkecuali warga NU sendiri.

"Insyaallah segera kami tasarufkan dana ini untuk warga NU di Kabupaten Jombang.
sekali lagi jazakalloh ahsanal jaza. Mugi Gusti Allah Ta'ala senantiasa merahmati dan meridhai aktivitas panjenengan, keluarga dan PKB. Amin," imbuhnya.

Ia menyebut, belakangan ini LAZISNU memang tengah mengoptimalkan program tanggap bencana Covid-19. Segala upaya dilakukan bersama beberapa pihak untuk mencegah Covid-19. Di antaranya melibatkan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif, Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU), Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU), Ansor-Banser, juga pihak lainnya.

Masing-masing dari mereka bergerak ke sejumlah fasilitas publik untuk dilakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan madrasah-madrasah ditangani langsung oleh LP Ma'arif, sejumlah pondok pesantren dikoordinir langsung oleh RMINU, sedangkan masjid dan mushala digerakkan oleh LTMNU.

Begitu juga kader Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Mereka membantu melakukan penyemprotan cairan disinfektan di titik yang sama, seperti masjid, mushala, pesantren, madrasah dan lingkungan sekitarnya.

"Sinergi yang begini akan lebih masif dalam melakukan pencegahan virus corona. Bahkan bisa dipastikan merata sampai ke desa-desa," jelasnya. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Nasional Terbaru