• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Bupati Luncurkan Gerakan Jombang Bersedekah Inisiasi LAZISNU

Bupati Luncurkan Gerakan Jombang Bersedekah Inisiasi LAZISNU

NU Jombang Online, 
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab meluncurkan Gerakan Jombang Bersedekah yang diinisiasi Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) setempat.

Peluncuran dilakukan di tengah-tengah ia menyampaikan sambutannya pada hari ulang (Harlah) ke-96 NU sekaligus peresmian Kantor PCNU Jombang, Ahad (21/4). Kantor PCNU sendiri berada di Jalan Raya Jombang-Mojoagung, Dusun Ngrowo, Desa Gambiran, Kecamatan Mojoagung, Jombang.

Putri pendiri sekaligus penggerak NU, almaghfurlah KH Wahab Hasbullah (Mbah Wahab) ini menyatakan, program tersebut merupakan upaya edukasi LAZISNU kepada masyarakat yang sesuai dengan visi kepemimpinannya, yakni membentuk Jombang berkarakter dan berdaya saing. Gerakan Jombang Bersedekah itu menurutnya sebagai nilai dari karakter Jombang.

"Gerakan ini dimotori oleh LAZISNU Jombang. Semoga warga Jombang semakin gemar untuk bersedekah," katanya.

Perempuan yang kerap disapa Bu Mun ini menyatakan, bahwa beberapa waktu lalu ia juga sudah meluncurkan Jombang Gemar Bersedekah dan Khotmil Qur'an di lingkungan pemerintahan juga warga masyarakat umum. Hingga kini program tersebut masih terus berjalan.

Menurut pandangannya, program tersebut selain untuk membentuk karakter Jombang, juga untuk keselamatan bangsa secara umum, dan khususnya masyarakat Jombang sendiri.

"Itu program untuk kesalamatan bangsa dan untuk kesalamatan warga Jombang. Di setiap langgar dan masjid kita lakukan khotmil Qur'an. Inilah salah satu karakter masyarakat Jombang," tuturnya.

Senada dengan bupati, Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin memaparkan, Gerakan Jombang Bersedekah yang dimotorinya adalah gerakan membudayakan sedekah sebagai karakter masyarakat Jombang. 

Gerakan ini, imbuhnya, akan melibatkan semua komponen masyarakat Jombang, baik pejabat maupun rakyat di semua tingkatan, mulai kabupaten sampai dengan warga di desa-desa di seluruh Kabupaten Jombang.

"Peruntukannya tidak hanya untuk warga NU tapi semua masyarakat di Kabupaten Jombang, melalui kaleng-kaleng sedekah," ungkapnya. 

Pria yang kerap disapa Gok Din ini menambahkan, gerakan tersebut tidak menargetkan jumlah nominal, melainkan merupakan gerakan pembentukan karakter gemar bersedekah, saling menolong dan saling membantu dengan uang sedekah yang terkumpul. 

"Sehingga target dari Gerakan Jombang Bersedekah ini adalah terbentuknya karakter masyarakat Jombang yang gemar bersedekah sebagai salah satu bentuk ikhtiyar agar Jombang  terhindar dari bala', karena asshodaqotu tadfaul bala', sedekah itu bias menolak bencana. Di samping itu diharapkan Jombang diberkahi oleh Allah SWT," pungkasnya. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru