• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Baru Dibentuk, UPZISNU Kepatihan Sebar 500 Koin Sedekah

Baru Dibentuk, UPZISNU Kepatihan Sebar 500 Koin Sedekah

NU Jombang Online,
Usia unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur masih belum terkategorikan tua, terhitung sejak 4 bulan lalu UPZISNU ini baru dibentuk.

Meski demikian, masing-masing pengelola cukup maksimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Hampir 500 kotak infaq (Koin) sedekah yang menjadi media penggalangan dana tersebar ke sejumlah masyarakat Kepatihan. Dana itu kemudian dikelola petugas dan disalurkan kepada masyarakat setempat yang sedang membutuhkan.

"ALhamdulillah sejak terbentuknya UPZISNU di Desa Kepatihan empat bulan yang lalu, kepercayaan masyarakat terhadap UPZISNU samakin bagus, dilihat dari jumlah kaleng yang sudah tersebar dimasyarakat yang saat ini sudah mendekati angka 500 kaleng," kata Ketua UPZISNU Kepatihan, H Muhammad Manshur kepada NU Jombang Online, Kamis (4/4).

Dirinya berkomitmen untuk terus menjaga kepercayaan masyarakat khususnya para donatur yang telah menyumbangkan sebagian rezekinya melalui Koin itu. Sehingga giat bakti sosial ini terus berjalan dengan masif.

Ia memaparkan, salah satu strategi yang dilakukan untuk memaksimalkan penyebaran Koin tersebut, para pengelola turun gunung ke sejumlah ketua RW. Mereka meminta data warga yang kurang mampu untuk nantinya diberikan santunan dari hasil pengelolaan dana Koin. 

"Untuk memperbanyak penyebaran jumlah kaleng, kami datangi rumah ketua RW tertentu, kami minta kerja samanya untuk mendata warganya yang kurang mampu," ucapnya.

Semakin banyak jumlah kaleng yang tersebar, menurut dia akan semakin bunyak pula masyarakat yang merasakan manfaat dari sedekah yang dilakukan secara berjamaah itu. 

"Dan alhamdulillah sampai saat ini semenjak UPZISNU Kepatihan terbentuk tidak kurang dari 25 kali santunan, kami pengurus hanya bisa berdoa kepada para munfiq selalu dimudahkan semua urusanya oleh Allah SWT," tuturnya. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru