• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

Banjir dan Longsor di Nganjuk, LAZISNU Jombang Kerahkan berbagai Bantuan

Banjir dan Longsor di Nganjuk, LAZISNU Jombang Kerahkan berbagai Bantuan
LAZISNU Jombang menyerahkan bantuan untuk korban banjir dan longsor di Nganjuk. (Foto: dok LAZISNU Jombang)
LAZISNU Jombang menyerahkan bantuan untuk korban banjir dan longsor di Nganjuk. (Foto: dok LAZISNU Jombang)

NU Jombang Online, 
Ahad malam (14/2), Kabupaten Nganjuk diguyur hujan selama 4 jam. Akibatnya, banjir tidak dapat terelakkan dan menggenangi 9 desa di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Berbek, Kecamatan Nganjuk, dan Kecamatan Loceret.

Malangnya, tak hanya banjir. Berdasar informasi Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk, di Dusun Selopuro, Desa Ngetos diduga masih terdapat warga yang tertimbun longsor.

Mengetahui hal itu, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang bersama Jaringan Pengelola Zakat Infak dan Sedekah (JPZIS) Ma’arif NU Jombang dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Bandarkedungmulyo, Jombang mengerahkan bantuan untuk warga terdampak bencana, Senin (15/2) malam. 

Bendahara LAZISNU Jombang, Muhammad Fatih Sururi mengungkapkan bantuan disalurkan melalui Posko NU Peduli di MWCNU Ngetos. “LAZISNU Jombang menyalurkan sembako, baju layak pakai, air mineral, dan kebutuhan yang lain. Diterima oleh Gus Abud di Posko NU Peduli bersama di MWCNU Ngetos bersama tim,” jelasnya.

Fatih berharap bencana alam yang menimpa Nganjuk lekas berakhir, dan tidak terjadi bencana susulan.

“Mudah-mudahan bencana berhenti sampai di situ, korban yang selamat lekas bisa recovery bisa kembali ke rumah dan bisa membangun rumahnya kembali, karena rumahnya sudah hancur serta tidak mengalami trauma,” ujarnya.

Data sementara yang didapat NU Peduli hingga pukul 17.00 , di antaranya: pengungsi dewasa 147, pengungsi anak-anak 20, korban meninggal (sementara) 9 orang, korban blm ditemukan 10, rumah tertimbun 12-17 rumah, rumah terdampak (data sementara 61 KK).

LAZISNU Jombang juga membuka donasi untuk bencana Nganjuk. Para dermawan bisa menyalurkan donasi melalui rekening Bank Syariah Mandiri (Kode 451) 7019992211 an LAZISNU atau datang langsung ke alamat kantor di Jalan Gatot Subroto no 4, Jelakombo, Jombang.

Kontributor: Rifatuz Zuhro
Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru