• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Baanar Jombang Sasar Pelajar Kampanyekan Anti Narkoba

Baanar Jombang Sasar Pelajar Kampanyekan Anti Narkoba
Baanar Jombang menyosialisasikan pelajar anti narkoba di SMKNU 01 Jombang. (Foto: Istimewa)
Baanar Jombang menyosialisasikan pelajar anti narkoba di SMKNU 01 Jombang. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menyosialisasikan sekaligus mengkampanyekan anti narkoba kepada para pelajar Sekolah Menegah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMKNU) 1 Jombang, Ahad (19/1) di sekolah setempat.

Kepala Baanar Jombang Muizzun Hakam  menyebut, kasus narkoba di Kota Santri ini cukup marak. Mirisnya, yang terlibat dalam kasus ini adalah semua kalangan, mulai anak-anak seusia pelajar hingga kalangan orang tua. Tak heran saat pihak kepolisian Jombang menangani kasus narkoba seringkali menemui kalangan remaja yang masih duduk di bangku sekolah.

Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi dan kampanye terkait pengetahuan narkoba secara intens kepada para pelajar di Jombang. Tidak menafikan pengetahuan tentang bahaya narkoba. "Saya prihatin dan juga sangat menyayangkan semakin banyaknya  peredaran Narkoba dikabupaten Jombang, itu terbukti dengan banyaknya pengedar dan pemakai yg ditangkap oleh aparat kepolisian ditahun 2019 dan di awal tahun 2020," katanya.

Ansor sebagai organisasi kepemudaan, lanjutnya, memang sudah seharusnya menyelematkan generasi muda dari ancaman narkoba dengan upaya-upaya yang masif dan terstruktur. Sementara sosialisasi dan kampanye di sekolah dan madrasah adalah salah satu wujud dari upaya tersebut. 

Menurut pandangannya, kampanye itu harus dilakukan oleh berbagai pihak. Tidak hanya dari pemuda Ansor, namun pihak lain seperti pemerintah harus terlibat aktif memberikan edukasi kepada generasi bangsa. Kampanye yang dilakukan secara bersama-sama itu dinilai akan membuahkan hasil yang lebih maksimal.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan para pelajar untuk dapat mencegah agar tidak terjerumus terhadap persoalan narkoba. Yang paling efektif menurut salah satu pengurus Baanar Hamzah adalah meningkatkan iman dan taqwa serta rajin ibadah. Cara ini paling ampuh untuk bisa selamat dari ancaman peredaran dan penggunaan narkoba. 

Kepala SMKNU 01 Jombang Syahrul Munir mengungkapkan, peserta didiknya yang ikut kurang lebih dari 70 siswa-siswi siswi. Materi disampaikan dengan santai dan mudah diterima para peserta. Mereka juga aktif bertanya kepada pemateri sepanjang sosialisasi berlangsung. Hal ini membuktikan keinginantahuan siswa-siswi soal narkoba cukup tinggi. 

"Siswa-siswi begitu aktif dan penuh semangat dalam mengikuti sosialisasi sampai di akhiri dengan yel-yel bersama," ujarnya.

Ia berharap siswa-siswinya bisa mengetahui tentang narkoba secara komprehensif. Dari mulai macam-macanya hingga pada bahaya narkoba yang cukup mengancam kepada masa depan generasi muda. "Kami berharap siswa-siswi kami terhindar dari pengaruh narkoba dan peredaran narkoba. Dan kasus narkoba di Kabupaten Jombang menurun bila perlu tidak ada sama sekali," harapnya.

Pewarta: Syamsul Arifin


Editor:

Daerah Terbaru