• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Ansor Rejoagung Ploso Peringati 10 Muharram dengan Menyantuni Anak Yatim

Ansor Rejoagung Ploso Peringati 10 Muharram dengan Menyantuni Anak Yatim
Foto kegiatan (Dok : Ansor)
Foto kegiatan (Dok : Ansor)

NU Online Jombang,
Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang menggelar santunan anak yatim Rejoagung dalam rangka memperingati 10 Muharram di Pendapa Balai Desa setempat.

Aep Saepulloh, Ketua Ranting Ansor Rejoagung mengatakan, kegiatan menyantuni anak yatim Rejoagung dilakukan dalam rangka memperingati 10 Muharram. Dimana dalam sebuah Hadist disebutkan, "Barangsiapa berpuasa para Hari Asyura (10 Muharram), niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan 10 ribu pahala syuhada’. Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya."

"Kegiatan santunan ini merupakan inisiatif dari Ranting Ansor Rejoagung, Ploso, Jombang" ujarnya. 

10 Muharram, selain dikenal dengan hari Asyura juga disebut sebagai Idul Yatama atau hari raya anak yatim. Sebab pada saat itu banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada anak yatim agar mereka dapat gembira.

"Kami mengambil momentum tepat 10 Muharram karena untuk meneladani Rasulullah. Masing-masing santunan berisi uang 50 ribu dan beras 5 kilogram," jelasnya.

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Kegiatan itu juga dihadiri berbagai kalangan. Baik Pemerintahan Desa ataupun badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) Ranting setempat.

"Tamu undangan yang hadir seluruhnya telah menaati prokes yang berlaku. Alhamdulillah ada Babinsa dan Sekretaris Desa (Sekdes) yang mendampingi kegiatan ini. Harapan kami, hubungan pemerintah desa dan NU dapat lebih erat," paparnya.

Ia menambahkan, kerja sama dengan pemerintah desa juga dilakukan untuk mengetahui jumlah anak yatim yang ada di Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso.

Dari kegiatan itu, Ansor berharap dapat terus bergerak dan berbuat untuk memberikan manfaat bagi anak yatim dan duafa sebagai bentuk kepedulian sosial di tengah Pandemi Covid-19.

Kontributor : Syaiful Chabib
Editor : Fitriana



Editor:

Daerah Terbaru