• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 28 Maret 2024

Daerah

Aliansi Mahasiswa Jombang Doa Bersama untuk Palestina

Aliansi Mahasiswa Jombang Doa Bersama untuk Palestina
Doa bersama aliansi Mahasiswa Jombang untuk Palestina. (Foto: Istimewa)
Doa bersama aliansi Mahasiswa Jombang untuk Palestina. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Aliansi mahasiswa dari berbagai perwakilan kampus di Kabupaten Jombang mendukung Palestina atas konflik yang dihadapi dengan Israel. Dukungan tersebut berupa doa bersama di bundaran Ringin Contong Jombang, Senin malam (24/5). Sebelumnya, acara ini diawali dengan dialog seputar Palestina dengan menghadirkan narasumber beberapa anggota dewan. 

Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang, Ahmad Samsul Rijal saat menghadiri acara ini mengatakan, Indonesia dan Palestina sudah sejak lama membangun hubungan persaudaraan dengan demikian baik. Indonesia sangat membela hak-hak dan kebebasan rakyat Palestina dan mendukung perjuangan rakyat Palestina. Terlebih pada situasi konflik senjata dengan Israel belakangan ini.

"Kehadiran mereka cermin dari konsisten posisi dan sikap Indonesia dan rakyatnya yang mengutuk kejahatan Zionis Israel dan abainya PBB atas kejahatan kemanusiaan," ujarnya.

Sikap yang sama menurutnya juga ditunjukkan NU, sebagai organisasi keagamaan dan kemasyarakatan terbesar di Nusantara. NU, kata dia, melalui kebijakannya secara tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina terhadap hak-haknya sebagai bangsa dan warga negara.

"Saya sebagai Nahdliyin mengikuti kebijakan NU yang konsisten sejak 1938 mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam mempertahankan bangsa dan kemerdekaan negaranya dari penjajahan Inggris, hingga pendudukan zionisme Israel dan pemaksaan berdirinya negara Israel di wilayah rakyat-bangsa Palestina," jelasnya.

Ia berharap, konflik yang kembali dihadapi Palestina dengan Israel adalah yang terakhir kalinya. Sejumlah komunitas dan organisasi kemasyarakatan, bahkan negara-negara di luar Indonesia juga perlu terus mendemonstrasikan sikap dukungannya terhadap Palestina.

"Semoga Allah SWT memberi kekuatan dan menolong Palestina dalam segala hal hingga berdiri tegak sebagai negara-bangsa yang merdeka dan berdaulat," ucapnya.

Pria yang kerap disapa Kiai Rijal ini menilai, kegiatan doa bersama yang melibatkan banyak mahasiswa dan wakil rakyat ini cukup berpengaruh terhadap situasi nasional. Diharapkan lebih banyak lagi dukungan-dukungan dari berbagi pihak atas penghentian kejahatan-kejahatan yang dilakukan Israel terhadap Palestina. 

Bila siang, aksi solidaritas untuk Palestina ini pasti gegap gempita, dengan energi yang meledak-ledak dan emosional penuh dukungan terhadap Palestina. Malam lebih khusyuk, karena di antara acara pokok adalah doa bersama dukungan dari Kota Santri untuk Palestina," pungkasnya.

Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru