• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

Aktivis Pramuka Ma'arif Kembangkan Kreatifitasnya melalui GISANU

Aktivis Pramuka Ma'arif Kembangkan Kreatifitasnya melalui GISANU

NU Jombang Online,
Sebanyak 16 siswa dan siswi binaan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Jombang, Jawa Timur mengikuti Giat Santri Nusantara (GISANU) se-Jawa  Timur. 

Kegiatan yang digelar selama dua hari, sejak Jumat hingga Sabtu (30-31/8) ini terdapat beberapa kegiatan. Beberapa giat tersebut di samping untuk meningkatkan kreatifitas atau potensi para aktivis pramuka juga mengembangkan kepramukaan mereka. 

Di antara kegiatannya yaitu Aswaja (Semaphoor), Ke-NU-an (Morse), Yel-yel, Kaligrafi, Scoutgraphi, Pionering, PPGD, dan Desain Parcel/Hantaran. 

"Ada dua sangga yang kita kirim mengikuti GISANU. Secara keseluruhan 16 anak dari MA, SMA, SMKNU. Mereka diberangkatkan oleh Ketua Kwarcab Jombang KH Munif Husnan," kata Ketua PC LP Ma'arif Jombang Nur Khozin, Sabtu (31/8).

Dalam beberapa lomba itu mereka juga dilatih ketangkasan fisik, mental dan kreatifitas para aktivis pramuka tingkat penegak, dengan harapan kreatifitas dan ketakwaan para peserta kegiatan ini kian meningkat dan dapat diaplikasikan di daerahnya masing-masing.

Yang tak kalah penting out put dari giat ini adalah bagaimana peserta bisa meningkatkan sifat kedisiplinan, kepemimpinan, patriotisme serta peduli terhadap sesama. "Kemudian aplikasi dari Tribina Satuan Komunitas yakni bina diri, bina satuan dan bina masyarakat juga menjadi harapan kita untuk mereka," ujarnya.

Penyelenggara acara yang dilangsungkan di Pondok Pesantren Adz Dzikro, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur ini menyepakati tema 'Satuan Komunitas Pramuka Ma'arif NU membangun karakter, menumbuh kembangkan kreatifitas, minat dan bakat adik didik untuk Indonesia yang lebih berkualitas'. Penyelenggaranya sendiri adalah seluruh Pengurus Satuan Komunitas Pramuka Ma'arif NU Jawa Timur yang terbentuk dalam kepanitiaan. 

Sementara pesertanya adalah pramuka golongan penegak dengan rincian satu sekolah mengirimkan maksimal dua sangga putra dan dua sangga putri. Dan satu sangga terdiri  dari delapan anggota. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru