Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

26 Juta Lebih, Zakat BMTNU Jombang Dikeluarkan Lewat LAZISNU

Penyerahan zakat BMTNU Jombang kepada LAZISNU saat perayaan Harlah Ke-98 NU. (Foto: Dok NU Jombang Online)
Penyerahan zakat BMTNU Jombang kepada LAZISNU saat perayaan Harlah Ke-98 NU. (Foto: Dok NU Jombang Online)

NU Jombang Online, 
Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menunaikan kewajiban zakat perusahaannya melalui Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) setempat. Zakat perusahaan dikeluarkan setiap satu tahun.

Ketua BMTNU Jombang pusat, H Khoirul Anam mengungkapkan, lebih dari Rp26 juta zakat BMTNU yang dikeluarkan lewat LAZISNU selama setahun. Angka tersebut 2,5 persen dari laba yang sudah dipotong pajak. 

"Tepatnya 26.215.000 zakat perusahaan yang kita keluarkan dari laba. Jadi, laba setelah pajak kita potong zakat 2,5 persen, sebelum laba kita bagikan sesuai dengan porsinya," katanya, Kamis (18/3).

Untuk itu, sisa hasil usaha (SHU) yang dibagikan kepada para pengelola BMTNU setiap tutup buku adalah laba yang sudah tidak memiliki kewajiban zakat.

Anam, sapaan akrabnya menegaskan, sebagai lembaga keuangan milik NU, memberlakukan sistem sesuai dengan aturan syariah yang berlaku adalah keharusan. Zakat perusahaan yang dikeluarkan itu adalah wujud di antara kewajiban perusahaan sebagaimana ditetapkan dalam agama.

Sementara dipilihnya LAZISNU sebagai lembaga yang dipercaya untuk mengelola zakat BMTNU, Anam mengatakan, LAZISNU merupakan lembaga yang kredibel. Kiprah dan kontribusinya dalam membantu orang-orang yang kurang mampu sangat dirasakan selama ini. Program-program LAZISNU terus terselenggara dengan masif hingga di tingkat ranting atau desa.

"Karena itu kita sesama warga NU harus saling percaya dan harus saling mendukung untuk kepentingan umat," jelasnya.

Sinergi antarlembaga atau instansi di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menjadi bagian dari cita-cita besar 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang sendiri sebagai induk dari berbagai lembaga NU di level kabupaten memang menginginkan adanya sinergi yang berkelanjutan. Program-program dari setiap lembaga yang bisa saling mendukung diharap dapat berjalan beriringan.

"Kami sepakat dengan PCNU terkait dengan hubungan yang harmonis sesama lembaga NU. Ini tentu akan mempercepat terealisasinya berbagai program lembaga NU," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin menegaskan, LAZISNU tentu akan mengelola zakat-zakat yang dititipkan oleh berbagai pihak, termasuk BMTNU dengan profesional dan tepat sasaran. Pasalnya, LAZISNU sudah mengantongi data warga yang dinilai kurang mampu dan membutuhkannya uluran tangan. 

"Terima kasih BMTNU Jombang sudah mempercayakan LAZISNU untuk mengelola zakat perusahaannya," ucapnya.

Pewarta: Ahmad