Wabup Jombang Imbau “Islam Nusantara” Tak Dicampur Adukkan dengan Politik

Wabup Jombang Imbau “Islam Nusantara” Tak Dicampur Adukkan dengan Politik

NU Jombang Online,
Wakil Bupati (Wabup) Jombang, HJ Munjidah Wahab menjelaskan bahwa istilah Islam Nusantara adalah Islam yang santun, saling menghargai perbedaan dan tidak melakukan dakwah dengan cara kekerasan.

Belakangan ini, menurut Ketua Muslimat NU Jombang itu, istilah Islam Nusantara semakin tersohor di berbagai situasi dan kondisi, bahkan pada dunia politikpun ikut mendengungkan istilah tersebut.

Dengan demikian, putri dari KH Wahab Chasbullah itu mengimbau agar istilah Islam Nusantara tidak sampai kesandung dengan dunia politik, dan tetap pada visi menyuarakan Islam yang rahmatan lil ‘alamin di sejumlah situasi.

“Jangan sampai istilah Islam Nusantara dicampur adukkan dengan dunia politik,” ujarnya saat memberikan sambutan pada Seminar Nasional Kontribusi Ulama dan Santri Nusantara dalam Perjuangan Bangsa di Auditorum STKIP Jombang, Rabu (4/5/2016).

Ia beralasan bahwa kebanyakan masyarakat masih belum dapat memahami terkait istilah Islam Nusantara dengan kongkrit. Di samping massifnya istilah tersebut masih bisa dibilang baru, juga pola dan upaya untuk memahami pada istilah tersebut tidak bisa disamakan dengan akademisi dan ilmuwan yang lebih mudah memahaminya.

“Masyarakat kita masih belum bisa memahami istilah tersebut dengan tepat. Dan mereka tidak bisa disamakan dengan kebanyakan akademisi,” katanya. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author