Usai Bekali Pengetahuan Aswaja, Kader PMII Imbau Kuasai Produk-Produk Ulama Aswaja 

Usai Bekali Pengetahuan Aswaja, Kader PMII Imbau Kuasai Produk-Produk Ulama Aswaja 

NU Jombang Online,
Sejumlah mahasiswa di Jombang yang tergabung dalam organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melakukan followup materi Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja), yang sebulan lalu sudah diajarkan dalam pegelaran sekolah Aswaja.

img-20161016-wa0020Mereka duduk bersila membentuk lingkaran bundar di area Taman Keplak Sari Kebon Ratu sembari berdiskusi serta mereview sejumlah pemahaman yang telah diserap sebelumnya, Ahad (16/10) siang.

Agus Riyanto, Ketua III Bidang Keagamaan Pengurus Cabang (PC) PMII Jombang mengimbau agar pemahaman kader PMII tentang Aswaja hendaknya terus ditingkatkan. Setidaknya mereka sudah mulai menguasai terhadap setiap produk yang dibuat oleh para ulama Aswaja.

“Menarik sekali jika kader-kader Aswaja ini dalam bidang fiqih, tasawuf/teologi, aqidah, muamalah ada yang menguasainya masing-masing,” kata Agus di hadapan mereka.

Saat ini, kata Agus, terdapat berbagai kelompok atau organisasi Islam yang juga mengatasnamakan dirinya beraswaja. Namun Aswaja yang dianut mereka tak sesuai dengan pemahaman Aswaja yang diajarkan PMII pada umumnya.

Karenanya, penguasaan kader PMII terhadap setiap produk ulama Aswaja sangat penting untuk menjaga kemurnian pemahaman merekn. “Seperti ketika browsing di internet tentang Aswaja, berapa persen Aswaja NU yang muncul, dan berapa banyak Aswaja dari yang lainnya, seperti Aswaja HTI,” jelasnya.

Mengingat belakangan ini terdapat banyak isu yang berkembang, baik dari sisi sosial, budaya dan agama, ke depan, mereka juga komit membahas tentang isu-isu tersebut dalam perspektif Aswaja serta metodologinya.

“Oleh karenanya pendalaman teori dan pembahasan atas isu-isu lokal akan kita kaji dalam pertemuan selanjutnya, dan sialahkan sahabat-sahabat tuangkan dalam bentuk tulisan ilmiah nantinya,” ujar Agus yang juga mantan Ketua Komisariat Wahab Hasbullah tersebut. (Rz/Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author