Upaya Memakmurkan Masjid di Jombang Mulai Tampak

Upaya Memakmurkan Masjid di Jombang Mulai Tampak

NU Jombang Online,
Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM-NU) Jombang, Jawa Timur Moh Makmun mengungkapkan, upaya memakmurkan masjid di Jombang dengan beragam kegiatan bermanfaat mulai tampak ke permukaan.

Salah satunya terlihat di masjid Al-Firdaus Jombang beberapa waktu lalu. Di Masjid ini kata dia, tepatnya setiap hari Jum’at terdapat hidangan sederhana berupa es dan beberapa macam kue yang disediakan untuk para jamaah sholat Jum’at.

Sehingga setelah melaksanakan sholat Jum’at, para jamaah tidak kemudian langsung bergegas pulang ke kediamannya masing-masing, melainkan mereka menikmati hidangan yang sudah tersedia sembari dimanfaatkan untuk menjalin silaturrahim membahas berbagai problematika yang sedang terjadi di tengah masyarakat.

“Turun khutbah dan selesai shalat Jum’at di Masjid Al-Firdaus tidak seperti dulu, ternyata ada hidangan es teh dan aneka macam kue untuk jama’ah. Sehingga selesai shalat Jum’at bisa dipakai untuk shilaturahim antar jamaah dan diskusi aneka permasalahan,” ungkapnya, Minggu (15/4).

Padahal lanjutnya, masjid tersebut sedang dalam proses renovasi. “Tapi haqqul yakin akan semakin banyak yang jariyah. Semoga dimudahkan segala usaha takmir masjid Al-Firdaus,” sambungnya.

Beberapa waktu lalu, Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Diwek bersama beberapa lembaga dan badan otonom (Banom) NU-nya menggandeng PC LTM-NU dalam giat dialog memakmurkan masjid. Sejumlah takmir masjid di Jombang menjadi peserta yang diprioritaskan dan diproyeksikan akan lebih bisa memakmurkan masjidnya masing-masing.

“Sudah mulai mengaplikasikan strategi memakmurkan masjid,” katanya.

Ia memaparkan, upaya yang telah dilakukan Takmir Masjid Al-Firdaus bisa dijadikan percontohan takmir-takmir masjid yang lain. Sehingga para jamaah kian betah berada di masjid, dan beragam jenis kegiatan semakin mudah dilakukan.

“Patut dan layak ditiru oleh masjid-masjid yang lain, upaya untuk orang nyaman dan senang ke masjid dan di masjid,” tuturnya. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author