Tangkal Radikalisme, IPNU-IPPNU Jombang Gelar Ramadhan Bahagia

Tangkal Radikalisme, IPNU-IPPNU Jombang Gelar Ramadhan Bahagia

NU Jombang Online,
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur tidak ingin para pelajar di kotanya terindikasi paham radikal.

Perihal itu menjadi latar belakang PC IPNU-IPPNU di Kota Santri ini menggelar kegiatan Ramadan Bahagia selama tiga hari, Jum’at hingga Minggu (8-10/6) di Islamic Center Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.

Ketua PC IPNU Jombang Ishomudin Haidar mengatakan, banyak cara yang dilakukan kelompok radikal untuk mengintervensi elemen masyarakat agar juga menjadi bagian dari mereka. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara dakwah di berbagai kesempatan yang mayoritas terdapat unsur provokasi.

“Marak sekali dakwah atau paham radikal yang mulai menjalar ke segmen pelajar, makanya peserta kita bentengi dan kita latih dengan kemampuan berdakwah menyebarkan Islam yang ramah sesuai dengan Aswaja An-Nahdliyah,” katanya, Minggu (10/6).

Selama kegiatan berlangsung, banyak materi yang disampaikan kepada peserta guna dapat menangkal radikalisme itu. Mulai materi bagaimana berdakwah ala NU hingga penguatan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah diberikan narasumber kepada mereka.

“Tiga hari ini kita maksimalkan, untuk membentengi dan melatih kemampuan mereka dalam berdakwah dan seterusnya. Beberapa narasumber berkompeten kita undang,” imbuhnya.

Di antara narasumber yang didatangkan yaitu Ketua Majlis Alumni IPNU Jombang KH Taufiq Abdul Djalil, dai kondang KH Nur Habibillah, Ketua PC LDNU Jombang Aang Fatihul Islam, Ketua PC LTNNU Jombang Ainur Rofiq Al-Amin, salah seorang dai dari 200 dai rekomendasi Kemenag Ustadz Ali Musthofa dan perwakilan Pagar Nusa H Athoillah serta salah satu Pengurus Wilayah (PW) IPPNU Jawa Timur.

Haidar berharap melalui kegiatan ini dapat melahirkan para generasi dai yang dapat menyebarkan sejumlah ajaran Agama Islam yang rahmatan lil alamin.

“Semoga muncul nanti kader-kader dakwah yang mampu menyebarkan Islam rahmatan lil alamin,” harap Haidar sapaan akrabnya.

Pantauan di lokasi para peserta mengikuti acara dengan sangat antusias. Kurang lebih dari 74 orang yang berasal dari perwakilan pimpinan anak cabang (PAC) di Kabupaten Jombang menjadi peserta kegiatan ini. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author