Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » Sejumlah Organisasi di Jombang Deklarasikan Laskar Bela Negara, Ini Program yang akan Dilakukan

Sejumlah Organisasi di Jombang Deklarasikan Laskar Bela Negara, Ini Program yang akan Dilakukan

(94 Views) August 6, 2017 9:35 pm | Published by | No comment

NU Jombang Online,
Setelah beberapa hari yang lalu, sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) beserta organisasi kepemudaan (OKP) di Jombang, Jawa Timur mendeklarasikan kesetiaan pada Pancasila dan NKRI, kali ini beberapa perwakilan dari mereka mendeklarasikan Laskar Bela Negara di Islamic Center Masjid Baitul Mukminin, Jombang, Ahad (6/8/2017).

Sejumlah Pengurus Laskar ini kemudian dikukuhkan oleh Kepala Kesbangponlinmas, Mas’ud dan disaksikan oleh Waka Polres Jombang, Kompol Edith Yuswo Widodo dan perwakilan dari TNI.

Koordinator deklarasi Laskar Bela Negara, H Zulfikar Damam Ikhwanto mengatakan, deklarasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan deklarasi kesetiaan terhadap Pancasila dan NKRI pada beberapa waktu lalu. Dari rentan waktu yang cukup memadai ini, pihaknya juga telah merumuskan beberapa program yang akan dilakukan oleh Laskar Bela Negara ini.

Diantaranya adalah medirikan Madrasah Pancasila. Lembaga ini yang nantinya bergerak guna menguatkan pemahaman terkait Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kepada sejumlah elemen masyarakat, khususnya di Jombang.

“Ini hanya tidak sekedar deklarasi, tetapi ada kegiatan yang nyata, roodmipnya kita sudah sediakan, kita nanti akan buat Madrasah Pancasila, dan setelah ini masing-masing Ormas yang terlibat dalam deklarasi ini akan melengkapi strukturalnya,” katanya.

Pria yang juga Ketua Pimpinan Cabang (PC)  Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang ini menjelaskan, pentingnya masyarakat luas memahami dan menerapkan betul terkait ideologi kebangsaan Indonesia belakangan ini. Hal itu juga menurutnya, memang memerlukan media yang baik sebagai alat transformasi kepada masyarakat.

“Nah, Laskar Bela Negara inilah yang nanti akan mensosialisasikan dengan massif kepada masyarakat Jombang. Sekarang kita tidak bisa menafikan Indonesia belakangan ini sedang menghadapi ancamaan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Pengurus Laskar Bela Negara ini terdiri dari perwalian masing-masing organisasi dan sejumlah etnis di Jombang. Mereka diantaranya KNPI, FKUB, Pergunu, IPNU-IPPNU, PMII, GP Ansor, lintas etnis, LDII, Siddiqiyah, ISNU, Pagarnusa dan Fatayat NU.

Hadir dalam kegiatan ini, jajaran PCNU Jombang, perwakilan etnis di Jombang, dan puluhan pengurus badan otonom (Banom) NU di Kota Santri ini. (Syamsul Arifin)

Categorised in:

Comment Closed: Sejumlah Organisasi di Jombang Deklarasikan Laskar Bela Negara, Ini Program yang akan Dilakukan

Sorry, comment are closed for this post.