Santunan Anak Yatim, Program Rutin BMTNU di Bulan Ramadhan

Santunan Anak Yatim, Program Rutin BMTNU di Bulan Ramadhan

NU Jombang Online,
Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) Jombang, Jawa Timur memastikan akan kembali menjalankan program santunan anak yatim di Bulan Ramadhan 1439 Hijriyah.

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Ketua BMTNU Jombang pusat Khairul Anam saat dikonfirmasi NU Online terkait program BMTNU di Bulan Ramadhan.

“Kami (BMTNU Jombang, red) punya program untuk santunan anak yatim nanti, tapi tidak begitu besar,” katanya, Selasa (15/5).

Program ini ia katakan sudah menjadi program yang rutin direalisasikan BMTNU Jombang setiap Bulan Ramadhan tiba. Meski program santunan sejak kali pertama belum begitu besar, namun prinsipnya, BMTNU juga harus berbagi keceriaan dengan para anak yatim di bulan mulia itu.

“Yang penting kita bisa menyentuh terhadap mereka (anak yatim, red),” jelasnya.

Terkait kapan waktunya, Khairul Anam mengatakan, mengacu pada pelaksanaan program di tahun-tahun sebelumnya, santunan dilakukan tepat pada malam tanggal diturunkannya Al-Qur’an atau malam Nuzulul Qur’an.

“Tahun-tahun sebelumnya program ini sudah jalan, biasanya pada pertengahan Bulan Ramadhan bersamaan dengan tanggal Nuzulul Qur’an,” tuturnya.

Ia menjelaskan santunan yang diberikan BMTNU Jombang merupakan zakat perusahaan yang kemudian diwujudkan dengan program ini. Setiap tahunnya tidak kurang dari 40 hingga 50 anak yatim yang disantuni. “Minimal untuk 40 anak yatim,” ucap dia. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author