Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » Rayakan Hari Besar Islam, Pesantren Bahrul Ulum Jombang Giatkan Lomba antar Santri

Rayakan Hari Besar Islam, Pesantren Bahrul Ulum Jombang Giatkan Lomba antar Santri

(207 Views) October 6, 2017 8:15 pm | Published by | No comment

NU Jombang Online,
Pondok Pesantren Puteri Bahrul Ulum Ribath Alghozali, Tambakberas, Jombang hiasi liburan hari besar Islam dengan berbagai kegiatan produktif. Kegiatan-kegiatan tersebut berupa lomba-lomba antar santri dan kamar.

“Santri tidak diizinkan pulang sama pengasuh, maka pengurus pesantren berinisiatif mengisi dengan lomba,” jelas Ketua Pesantren, Laili Nur khoiri Muafifa (19), Kamis (5/10/2017).

Dalam perjalanannya, lomba-lomba yang diikut sertakan antaralain lomba kreasi nadzom, pildacil, fashion show, baca kitab, pidato dan kebersihan kamar.

Semua lomba tersebut rutin digelar setiap awal tahun baru Islam. Lomba dilaksanakan selama kurang lebih dua pekan. Kemeriahan acara ini juga digunakan untuk menghibur para santri baru. Pada akhirnya, semua diharapkan terhibur dan semakin betah di pesantren.

“Ini sesuai instruksi pengasuh, guna memeriahkan hari besar islam dan hiburan santri baru,” beber Laili.

Untuk biaya lomba, Laili mengaku mengambil dari kas pesantren dan iuran para santri. Gabungan dana itu dibelanjakan untuk hadiah lomba, konsumsi juri, hiasan lomba dan lain sebagainya.

“Untuk dananya kita mandiri, biar tambah kompak dan mempererat persaudaraan,” paparnya.

Selanjutnya, Laili juga ingin memberikan kesan kepada para masyarakat umum jika pesantren itu tidaklah seseram yang diceritakan selama ini lewat lomba-lomba. Sebelumnya, pesantren selalu diidentikkan dengan sikap kaku, kolot dan ketinggalan zaman.

Padahal, lanjut Laili, pesantren sudah banyak berubah menyesuaikan zaman. Tetapi perubahan itu tidak sampai merubah nilai dasar pesantren. Nilai-nilai tersebut seperti sopan santun, tawadlu dan pusat belajar agama.

“Kita mengajak semua orang tua untuk tidak takut lagi menitipkan anak di Pesantren. Pesantren itu keren,” pungkasnya. (Syarif/Syamsul Arifin)

Categorised in:

Comment Closed: Rayakan Hari Besar Islam, Pesantren Bahrul Ulum Jombang Giatkan Lomba antar Santri

Sorry, comment are closed for this post.