Rais Syuriah PCNU Jombang Jelaskan Tiga Karakter yang Harus Dimiliki Kader NU

Rais Syuriah PCNU Jombang  Jelaskan Tiga Karakter yang Harus Dimiliki Kader NU

NU Jombang Online,
KH Wazir Ali, Wakil Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menyampaikan terkait tiga karakter yang harus dimiliki kader NU.

IMG_20160724_103422Penjelasan tersebut diungkapkan saat memberikan khutbah iftitah di acara halal bi halal (HBH) PCNU Jombang, Ahad (24/7/2016) siang di halaman kantor PCNU Jombang.

Karakter yang pertama adalah giat bersyukur terhadap apa yang diberikan Allah SWT kepada manusia, salah satunya pemberian rizqi. Sebagai warga nahdliyin hendaknya tak pernah lupa untuk mensyukuri nikmat tersebut. “Saat diberi rizqi hendaklah bersyukur,” ujarnya.

Sementara karakter yang kedua adalah mudah memaafkan antar satu dengan yang lain. Meskipun misalnya pada posisi terdzalimi. “Saat didzalimi bisa memaafkan,” lanjutnya.

Menurutnya, dengan mengutip penjelesan di al-Qur’an memaafkan adalah sifat yang mulia dan dapat medekatkan diri pada Allah SWT. “Jiwa memaafkan lebih dekat daripada ketaqwaan, dan dengan jiwa memaafkan akan memperoleh kemulyaan dari Allah,” katanya.

Untuk karakter yang terakhir, Kiai Wazir, sapaan akrabnya menyebutkan bahwa warga nahdliyin agar dapat meredam emosinya pada saat ada problem yang melanda. “Pada saat emosi bisa mengendurkan atau menahan emosi tersebut,” tuturnya.

Tiga karakter tersebut merupakan salah satu upaya manusia sebagai hamba untuk lebih medekatkan diri kepada Allah SWT supaya tetap berada di jalan yang benar. “Barang siapa yang memiliki tiga karakter tersebut, Allah akan memelihara dan menutup aibnya. Juga tergolong sebagai manusia yang cinta kepada Allah,” pungkasnya. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author