Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » Raih Piala Adipura Kencana, Bupati Jombang Ajak Sejumlah Elemen Pertahankan Prestasi

Raih Piala Adipura Kencana, Bupati Jombang Ajak Sejumlah Elemen Pertahankan Prestasi

(147 Views) August 5, 2017 5:56 am | Published by | No comment

Advertorial Birokrasi Jombang

NU Jombang Online,
Sehari setelah menerima piala Adipura Kencana dari Presiden RI, Joko Widodo di Plaza Ir. Soedjono Soerjo Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Jakarta, Rabu (2/8/2017), Bupati Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Nyono Suharli Wihandoko menggelar kirab. Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada semua elemen masyarakat dan pemerintahan.

Kirab diikuti oleh ratusan warga Jombang, mulai dari kalangan masyarakat biasa, jajaran pemerintahan serta para petinggi pemerintahan Jombang atau yang biasa disebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda).

Dari Kecamatan Mojoagung, Jombang kirab ini dimulai, kemudian bergerak ke stadion hingga Alun-alun Jombang sebagai finish kirab. Pesrta kirab menaiki beragam kendaraan, mulai dari mobil, pick up hingga sepeda gowes.

Di hadapan ratusan warga Jombang ini, Nyono mengajak kepada segenap yang hadir saat itu untuk mempertahankan prestasi yang telah diraihnya di tahun 2017 ini. Dalam upaya mempertahankan prestasi tersebut, menurutnya dengan membangun kesolidan dan kebersamaan yang lebih baik lagi antar warga juga jajaran pemerintahan.

“Kuncinya adalah sebuah kebersamaan yang kita bangun saat ini untuk mempertahankan penghargaan Adipura Kencana selanjutnya,” kata orang nomor satu di Jombang ini, Kamis (3/8/2017) di Alun-alun setempat.

Diungkapkan, untuk meraih penghargaan tertinggi dalam bidang lingkungan hidup ini, perlu kinerja yang cukup ekstra terutama di lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab). Sebabnya ada banyak penilaian dari pemerintah pusat dalam memperoleh prestasi tersebut, mulai dari pelayanan pemerintah terhadap publik, pengelolaan keuangan di Pemkab, sinergi perekonomian dengan kondisi masayarakat serta aspek-aspek yang lainnya.

“Kenapa Jombang mendapat penghargaan ini, karena penilaian di tahun 2017 ini bagus-bagus, kaitannya dengan kinerja Pemkab, kita berturut-turut mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP), masalah lingkungan, ada masalah ekonomi sinergi dengan kondisi sosial, dan banyak lagi yang lainnya,” bebernya.

Kemudian untuk mempertahankan prestasi itu, lanjut dia, setidaknya muncul inovasi-inovasi untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan yang berkelanjutan.

“Ini yang harus kita pertahankan melalui inovasi-inovasi kebijakan yang terbaru yang pembangunanya harus berkelanjutan, suatu misal kaitannya dengan pemanfaatan sampah dan sebagainya,” ujarnya.

Terpisah, Katib Syuriah PCNU Jombang, Ahmad Samsul Rijal mengapresiasi terhadap perolehan penghargaan yang diterima bupati tersebut. “Kita sebagai warga Jombang tentu patut memberikan apresiasi atas capaian Jombang dalam inovasi dan penataan lingkungan hidup kawasan perkotaan. Itu prestasi tertinggi di bidang lingkungan hidup,” ujarnya.

Disamping itu, ia mendorong pemerintah daerah untuk lebih memunculkan karakter Jombang sebagai Kota Santri ke permukaan. Karakter ini hendaknya bisa dijadikan panduan dalam menata kawasan perkotaan di Jombang.

“Jombang sebagai kota santri, pondok pesantren dan pendiri NU, tentu karakter itu perlu dimunculkan. Sehingga siapapun ketika masuk Jombang dengan mudah mengenali bahwa ini kotanya para muassis NU. Semoga bupati Jombang bisa mewujudkannya. Karena jati diri daerah akan terlihat dari karakter lingkungannya,” katanya. (Syamsul Arifin)

Categorised in:

Comment Closed: Raih Piala Adipura Kencana, Bupati Jombang Ajak Sejumlah Elemen Pertahankan Prestasi

Sorry, comment are closed for this post.