Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » Pesona Gus Dur Naikkan Jumlah Santri Jombang

Pesona Gus Dur Naikkan Jumlah Santri Jombang

(460 Views) July 16, 2010 1:57 am | Published by | No comment

Jombang, NU Jombang Online
Memasuki tahun ajaran baru, jumlah santri di sejumlah pondok pesantren Jombang, Jawa Timur naik cukup signifikan. Salah satunya disebabkan adanya makam KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di kompleks pondok Tebuireng.

H. Lukman Hakim, pengurus ponpes Tebuireng mengatakan, di pesantren yang didirikan oleh Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari itu jumlah santri baru mengalami peningkatan seratus persen. Rinciannya, untuk tahun lalu jumlah santri sebanyak 500 orang. Namun tahun ajaran baru kali ini tembus seribu santri.

Lukman berasumsi, kenaikan jumlah santri itu salah satunya disebabkan oleh adanya makam Gus Dur. Karena sejak ada makam tersebut jumlah peziarah juga terus meningkat. Nah, hal itu dimanfaatkan oleh pihak pondok untuk menyebarkan brosur. Faktor lainnya, kata Lukman, adalah kualitas pendidikan, dan kelengkapan sarana.

“Semenjak dipimpin oleh KH Salahuddin Wahid (Gus Solah), sarana dan prasarana terus dibenahi. Mungkin hal itu juga sebagai pemicu naiknya jumlah santri baru,” kata Lukman menjelaskan, Rabu (14/7) seperti dikutip beritajatim.com.

Peningkatan santri baru juga terjadi di dua pondok pesantren besar lainnya, yakni ponpes Darul Ulum Rejoso dan Bahrul Ulum, Tambakberas. KH Irfan Sholeh, Ketua Yayasan Bahrul Ulum mengatakan, pondok yang ia pimpin mengalami kenaikan santri baru sebesar 60 persen. Ia merinci, jika tahun kemarin jumlah santri baru sebanyak 900 orang, tahun ini mencapai 1500 santri lebih.

Sedangkan di pondok pesantren Darul Ulum, Rejoso, jumlah santri juga mengalami peningkatan, namun terbatasi kuota yang ditentukan.

“Jika tahun kemarin jumlah santri baru sebanyak 2100 orang, kini menjadi 2200 santri. Sebenarnya masih banyak yang mendaftar, namun karena kuota terbatas, mereka akhirnya kami tolak,” kata pengasuh ponpes Darul Ulum, Rejoso, H.  Zulfikar As’ad. (rd)

Categorised in:

No comment for Pesona Gus Dur Naikkan Jumlah Santri Jombang

Leave a Reply