Pesantren Harus Lebih Peduli Kesehatan

Pesantren Harus Lebih Peduli Kesehatan

NU Jombang Online
Kesehatan merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia. Karenanya, perhatian terhadap hal ini hendaknya menjadi bagian tidak terpisahkan bagi kalangan pesantren.

Penegasan ini disampaikan Wakil Bupati Jombang Jawa Timur saat membuka lokakarya kesehatan  di Pondok Pesantren Darul Ulum,  Sabtu (19/11).

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan ini terlebih dilaksanakan di pondok,” kata Hj Mundjidah Wahab. Apalagi  peserta lokakarya adalah utusan dari berbagai pondok pesantren di Jawa Timur. “Ini tentu semakin membuat masyarakat pesantren lebih peduli tentang kesehatan,” ujar perempuan yang juga Ketua PC Muslimat NU Jombang tersebut.

Pada kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Kesehatan PBNU tersebut, Ibu Mundjidah mengingatkan kesehatan merupakan masalah mendasar. Sehingga perlu perhatian serius. Telebih saat ini ancaman Narkoba terus membayangi seluruh elemen masyarakat, termasuk pesantren.

“Mari waspadai peredaran narkoba. Jangan sampai santri kita teracuni obat terlarang itu, karena saat ini santri juga menjadi incaran. Jangan meremehkan masalah narkoba,” tandasnya.

Sebagai bukti bahwa pondok memiliki perhatian terhadap kesehatan, putri KH Abdullah Wahab Chasbullah menyarankan berdirinya pos kesehatan pesantren atau Poskestren.

“Poskestren perlu didirikan bukan hanya untuk kebutuhan santri atau elemen pesantren, tapi juga untuk masyarakat di lingkungan pondok,” jelasnya.

Sebelumnya, Jumat (18/11)  juga diadakan talk show yang pesertanya par santri dari berbagai pondok di Jombang. Tujuannya mengampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui gerakan pesantren sehat. (nuo/Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author