Menu Click to open Menus
Home » Artikel - Hikmah » Perkuat Dakwah Bil Qolam secara Massif; Sebuah Refleksi Dakwah NU di Jombang

Perkuat Dakwah Bil Qolam secara Massif; Sebuah Refleksi Dakwah NU di Jombang

(137 Views) November 15, 2017 10:06 am | Published by | No comment

Oleh: Aang Fatihul Islam*
Untuk menjawab tantangan dakwah NU di Jombang, PC LDNU Jombang mencoba memformulasikan salah satu wilayah dakwah dakwah bil qolam (dakwah lewat tulisan) untuk mengikhtiyari melakukan pagar pada isu-isu radikalisme dan ujaran kebencian yang akhir-akhir ini begitu deras tak terbendung.

Ada beberapa peta dan strategi dakwah bil qolam yang dibidik dan terus dikembangkan oleh PC LDNU Jombang antara lain: yang pertama menghidupkan kembali buletin nahdlah yang telah lama mati suri yang dipandegani oleh devisi Penerbitan LDNU Jombang yang bersinergi dengan PC LTNNU Jombang yakni secara istiqomah menerbitkan buletin Nahdlah yang terbit tiap Jumat. Buletin ini cukup massif karena terhitung terbitan Jumat depan sudah memasuki edisi yang ke-15.

Buletin ini setiap hari Jumat disebar ke Masjid-masjid di Jombang dengan harapan dapat menjadi konsumsi baca para jamaah sholat Jumat. Selain itu juga didistribusikan ke beberapa taman baca, diantara taman baca yang sudah bersinergi dengan LDNU adalah nucorner yang berada di desa Gondek Mojowarno akan dikembangkan terus di beberapa spot baca yang lain.

Yang kedua merintis dakwah lewat buku-buku karya para santri dengan menggandeng komunitas menulis. Komunitas menulis yang sinergi dengan LDNU sampai saat ini adalah Lingkar Studi Santri (LISSAN) yang juga cukup massif bergeliat dalam dunia kepenulisan dan penerbitan. Sudah ada dua buku yang berhasil diterbitkan dan sedang proses menulis untuk kemudian diterbitkan sebanyak dua judul buku.

Yang ketiga memperluas wilayah dakwah lewat dunia maya dengan bersinergi dengan nu online dan nu jombang online agar sayap dakwah lewat dunia maya juga bergerak lebih massif, karena hal ini yang menjadi salah satu kelemahan NU di Jombang khususnya, padahal arus globalisasi di dunia maya terus berkembang per detik.

Semoga ikhtiar yang dilakukan PC LDNU Jombang ini didukung oleh semua pihak sehingga ruh Aswaja An-Nahdliyah terus terjaga dengan pagar-pagar betis berupa tulisan yang diploting ke beberapa wilayah dakwah.

*Penulis adalah Ketua PC LDNU Jombang

Categorised in:

Comment Closed: Perkuat Dakwah Bil Qolam secara Massif; Sebuah Refleksi Dakwah NU di Jombang

Sorry, comment are closed for this post.