Peringati Sumpah Pemuda, PMII Undar Refleksi dengan Turun Jalan

Peringati Sumpah Pemuda, PMII Undar Refleksi dengan Turun Jalan

NU Jombang Online,
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang mengelar aksi demonstrasi di perempatan Kebonrojo Jl Wahid Hasyim kota setempat, Jumat (28/10) sore. Aksi turun jalan ini dalam rangka rekleksi sumpah pemuda yang jatuh hari ini, 28 Oktober.

70652ec5459ba24bd186068d82c1dd2bSekitar pukul 14.30, massa aksi mulai berkumpul di lokasi. Setelah dikomando, para aktivis yang tergabung dalam organisasi mahasiswa Badan Otonom (Banom) NU memulai aksinya dengan berorasi. Tak hanya menyampaikan aspirasi dengan berorasi, mahasiswa juga menyanyikan berbagai lagu nasionalis dan perjuangan.

Dalam aksi tersebut para mahasiswa lantang menyuarakan ajakan perbaikan moralitas pemuda masa kini. Poster yang dibawa juga bertuliskan ajakan kepada para pemuda untuk memperbaiki nasionalisme dalam dirinya.

“Saat ini para pemuda sudah mulai terjerat pengaruh teknologi. Sehingga lupa dengan peran moralnya dalam mengisi pembangunan bangsa,” kata Abdul Rochim, Ketua Komisariat PMII Undar ditemui di sela-sela aksi.

Di samping itu, ia juga mengajak kaum muda masa kini untuk ikut aktif menjaga keutuhan bangsa. “Kalau seperti isu SARA yang akhir-akhir ini menjadi sorotan publik, seharusnya dihindari karena mengancam keutuhan bangsa. Dan di sinilah pemuda perlu terlibat dalam meredam isu SARA itu,” lanjut Rochim.

Menurut Rochim, pemuda saat ini sudah mulai kehilangan jiwa nasionalismenya karena terpengaruh budaya asing. “Seharusnya pemuda sekarang mengembalikan semangat nasionalisme generasi sebelumnya dalam menjaga keutuhan bangsa. Serta peduli terhadap kemajuan bangsanya,” pungkasnya. (BO/Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author