PERINGATAN MAULID NABI

1. Sejarah Perayaan Maulid Nabi.

Maulid Nabi artinya adalah kelahiran Nabi, dan dalam perkembangan selanjutnya arti tersebut berubah menjadi nama dari acara peringatan hari kelahiran Nabi. Hal ini terjadi pada abad ke-6 (enam) hijriyah, yang menurut kesepakatan para ahli dinyatakan bahwa orang yang pertama kali  melakukan peringatan ini adalah Raja Ibril dari Irak, bernama al-Mudhaffar bin Sa’id Kukuburiy bin Zainuddin Ali Buktikin (w 630 H/1232M)[1].

Kemudian dalam perkembangan selanjutnya peringatan Maulid Nabi tersebut, dilestarikan oleh umumnya kaum muslim Indonesia, khususnya kaum nahdliyyin yang biasanya digelar tepat pada bulan Rabi’ul Awwal, apalagi setelah diberlakukannya tanggal 12 Rabi’ul Awwal sebagai Hari Libur Nasional yang sejajar dengan hari besar lainnya, seperti yang tercatat di dalam kalender pemerintah Indonesia, bahkan dalam konteks sekarang peringatan tersebut dirayakan diberbagai instansi, baik pemerintahan maupun non-pemerintahan, dengan  beraneka ragam acara yang digelar, mulai dari acara pagelaran budaya masing-masing daerah yang bernuansa Islami sampai pada pengajian yang berisi mau’idlah hasanah tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW sebagai acara puncaknya.

Dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, umumnya kaum muslim melakukannya dengan cara berdo’a bersama di berbagai tempat, baik di mushalla-mushalla, masjid-masjid maupun di perkantoran-perkantoran dan lembaga-lembaga, baik dari instansi pemerintah maupun non pemerintah. Sekalipun demikian, dari beraneka ragam acara perayaan tersebut, muncul persoalan baru, yaitu:

–  Apakah acara-acara tersebut sebagai suatu kegiatan yang bersifat syar’iyyah atau tradisi…?

–    Apakah ada landasan amaliyahnya..?

Peringatan Maulid Nabi dengan beraneka ragam acara yang digelarnya, termasuk suatu tradisi umat Islam terdahulu, yang belum pernah terjadi pada masa beliau ketika masih hidup, tetapi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sudah dilaksanakan oleh Rasulullah SAW.,  sebagaimana yang ditunjukkan langsung oleh beliau dalam haditsnya sebagai berikut:

???? ????? ????????? ???????????? ????? ???? ??? ????? ???????? ????? ????? ???? ???? ?????  ?????? ???? ?????? ???????????? ??????? ?????? ???????? ???????? ???????? ???????. ???? ????

Dari Abi Qotadah al-Anshariy, sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang puasa senin (yang sudah menjadi kebiasaan beliau), lalu beliau  menjawab bahwa pada hari itu aku dilahirkan dan (pada hari itu pula) wahyu diturunkan (Allah Ta’ala) kepadaku[2]. HR Muslim

2. Hukum Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Landasan Amaliyyahnya

Adapun hukum yang terkandung di dalamnya dapat dilihat dari adanya hal-hal sebagai berikut:

a). Jika dilihat dari tindakan perayaannya, maka statusnya dapat dikategorikan tindakan bid’ah.

b). Jika dilihat dari isi kandungan di dalam perayaannya yang bernilai positif (hasanah), maka para ahli bersepakat untuk mengatakan bahwa perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah termasuk Bid’ah Hasanah, yang hukumnya adalah boleh (Mubah)[3], bahkan bisa berubah menjadi sunnah (dianjurkan/masnun). Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor:

1). Dapat meneguhkan hati umat Islam setelah mendengar  penyampaian biografi Nabi SAW dalam acara   peringatan Maulid, sebab beliau adalah rahmat a’dlam (rahmat paling agung) bagi umat manusia, sebagaimana anjuran al-Qur’an untuk selalu  merayakan hari lahirnya rahmat, yaitu:

???? ???????? ????? ?????????????? ?????????? ???????????????

Katakanlah, dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah  dengan itu mereka bergembira.[4] Yunus:58

???????? ??????? ???????? ???? ????????? ????????? ??? ????????? ?????????

Dan semua kisah-kisah para rasul Kami ceritakan  kepadamu yakni kisah-kisah yang dengannya kami teguhkan hatimu. ( QS. Hud: 120)

2). Memperbanyak bacaan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad itu, sesuai dengan Firman Allah Ta’ala sebagai berikut:

????? ????? ??????????????? ??????????? ????? ?????????? ??????????? ?????????? ????????? ???????? ???????? ???????????? ???????????

Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi., Hai  orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. ( QS.Al-Ahzab: 56)

Dan dari kenyatan seperti itu, Imam al-Suyuthiy berkomentar dalam kitab al-Hawi sebagai berikut:

????? ??????????? ??????? ???? ????? ?????? ?????????? ??????? ???? ??????????? ???????? ??????????? ??? ????????? ???? ??????????. ??????????? ?????????? ?????????? ??? ???????? ????? ?????????? ?????? ????? ???????? ????????? ????? ?????? ??? ?????????? ???? ???????? ????? ??????? ?????? ??????? ????????????? ???????????????? ???? ?????? ????????? ????? ?????? ???? ????????? ??????????? ??????? ??????? ????????? ?????????? ????? ?????? ???? ?????????? ?????? ?????????? ?????? ????? ???????? ????????? ??????????? ????????? ????????????????? ???????????? ???????????.

Jawabannya menurut saya: Bahwa asal perayaan Maulid Nabi Muhammad, yaitu manusia berkumpul, membaca al Qur’an dan kisah-kisah teladan kemudian menghidangkan makanan yang dinikmati bersama, setelah itu mereka pulang. Hanya itu yang dilakukan, tidak lebih. Semua itu termasuk bid’ah hasanah. Orang yang melakukannya diberi pahala karena mengagungkan derajat Nabi, menampakkan suka cita dan kegembiraan atas kelahiran Nabi Muhammad yang mulia.[5]

c). Jika dilihat dari sisi nilai positif yang terkandung di dalamnya seperti itu, maka para ahli berkomentar seperti dalam kitab sebagai berikut:

1). Kitab Iqtidla’  al-Shirath al-Mustaqim, yaitu:

???????????? ??????????? ????????????? ????????? ???? ?????????? ?????? ???????? ?????????? ???? ?????? ?????? ???????? ???????? ???????? ?????????????? ?????????? ????? ?????? ???? ???? ?????? ????? ??????????? ????

Mengagungkan Maulid dan menjadikannya sebagai  hari raya setiap musim, dilakukan oleh sebagian orang dan ia akan mendapatkan suatu pahala yang sangat besar dengan melakukannya, karena niatnya yang baik  dan karena meng-agungkan Rasulullah, sebagaimana yang telah aku sampaikan .[6]

2).Dalam kitab Manhaj al-Salaf , yaitu:

???????? ?????? ?????????? ???? ??????? ?????? ???????? ????? ?????? ??????????? ?????????? ??? ?????????? ????? ???????? ????? ????????? ???????????? ??? ????????? ??????? ???? ?????? ??????? ????????? ???????? ??? ???? ???? ???? ????????????????? ?????? ???? ???????????? ????? ?????? ???????????? ?????????????? ??? ?????  ?????????.

Ibn Taimiyyah berkata “orang-orang yang melaksanakan perayaan Maulid Nabi akan diberi pahala. Demikian pula apa yang dilakukan oleh sebagian orang. Adakalanya bertujuan meniru di kalangan Nasrani yang memperingati kelahiran Isa AS, dan adakalanya juga dilakukan sebagai ekspresi rasa cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad. Allah Ta’ala akan memberi pahala kepada mereka atas kecintaan mereka kepada Nabi mereka, bukan  atas bid’ah yang mereka lakukan.[7]

3). Kitab I’anatu tholibin , yaitu

?? ???? ??????? ??? ?????????? ??? ?????????? ??? ???????? ????? ????? ??? ????????? ???????????? ???????? ?????????? ?????? ????? ???????? ????????? ???? ???????????? ??????????????? ?????????? ??????????? ?????????????.

dan di antara bid’ah yang baik di zaman kita adalah perbuatan  yang dilakukan setiap tahun pada hari yang bertepatan dengan hari kelahiran Nabi seperti shadaqoh, berbuat baik, menampakkan pakaian yang bagus, dan bergembira.[8]

4).Kitab Mafahim Yajibu An…, yaitu:

???????????? ???? ????????????? ?????? ?????????? ???????????? ????? ???????? ??????????? ???? ??????????? ??????????? ????????????? ??????? ?????????? ????? ???????? ?????????? ?????????? ???????? ????? ???????? ???????? ???????? ???????? ???????????? ??????? ????????????? .

Pada pokonya, berkumpul untuk mengadakan Maulid Nabi merupakan sesuatu yang sudah umum terjadi. Tetapi hal itu termasuk kebiasaan yang baik yang mengandung banyak kegunaan dan manfaat yang akhirnya kembali kepada umat itu sendiri dengan beberapa keutamaan didalamnya. Sebab kebiasaan seperti itu memang dianjurkan oleh syara’ secara parsial (bagian bagiannya).[9]

Dinukil Dari Buku “Landasan Amaliyah NU”

(  Tim  Lajnah Ta’lif wan Nasyr  PCNU Jombang)


[1]Al-Dzahabiy, Tadzhib Sira A’lam al-Nbabala’iy, Juz: III, (Beirut, al-Risalah, 1992.), hal: 224

[2] Muslim, Shahih…., Op-Cit, Hadis Indek No: 1977

[3] Al-Suyuthiy, al-Hawiy Li al-Fatawa…., Op-Cit, Juz:I, hal: 251-252

[4] al-Hakim, al-Mustadrah…, Op-Cit, juz:I, hal: 91

[5]Al-Suyuthiy, Al-Hawi  ……, Op-Cit, Juz I, hal: 251-252

[6] Ibnu Taimiyyah, Iqtidla’  al-Shirath al-Mustaqim, (Kairo, Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1369 H.), hal: 297

[7]al-Malikiy Al-Hasaniy, Manhaj al-salaf fi Fahm al Nushush Bain al Nadzariyyah wa al-Tathbiq, (Makkah, Dairah al-Auqaf wa al-Syuun al-Islamiyyah, tth), hal: 399

[8]Al-Dimyathiy, I’anah….., Op-Cit, Juz: III, hal: 264

[9]Al-Hasaniy Al-Malikiy, Mafahim ….., Op-Cit, hal: 224-226 atau Fiqh ‘Adah, hal: 60

Categories: Amaliah NU

About Author

Write a Comment

Only registered users can comment.