Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » Pergunu Jombang Desak Komnas HAM Bentuk Divisi Perlindungan Profesi Guru

Pergunu Jombang Desak Komnas HAM Bentuk Divisi Perlindungan Profesi Guru

(156 Views) February 3, 2018 7:45 pm | Published by | No comment

NU Jombang Online,
Peristiwa pembunuhan guru (Ahmad Budi Cahyono) oleh salah satu siswanya (MH) sendiri di Sampang, Madura memantik banyak kalangan. Mayoritas dari mereka menyayangkan aksi tak pantas itu dilakukan oleh seorang anak didik.

Karenanya, Ahmad Faqih, Ketua Pengurus Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jombang, Jawa Timur mendesak Komnas HAM dan Dewan Pendidikan untuk mengambil langkah cepat dan konkret untuk mengantisipasi kejadian itu terulang di dunia pendidikan.

“Saya kira sangat penting agar dalam tubuh Komnas HAM dan Dewan Pendidikan dibentuk Divisi Perlindungan Profesi Guru untuk mencegah kembali munculnya kasus kriminalisasi terhadap tugas profesi guru,” katanya, Sabtu (3/2).

Dalam pandangan pria yang menjabat Ketua PC Pergunu selama dua periode ini, profesi seorang guru dalam menjalankan tugas-tugasnya memang perlu mendapat perlindungan. Terlebih perlindungan yang sifatnya formal dengan adanya undang-undang yang mengatur.

“Saatnya kembali menggaungkan urgensi perlindungan guru dalam menjalankan tugas profesinya serta pemenuhan hak asasi guru dan otonomi guru dalam mengelola pembelajaran,” jelasnya.

Lain daripada itu, lanjut Faqih, penting pula diintensifkan aksi penguatan pemahaman dan implementasi undang-undang (UU) Perlindungan anak dan konsepsi HAM secara benar, proporsional dan tepat bagi kalangan wali murid dan penegak hukum.

“Hal itu diperlukan agar tidak terjadi disorientasi yang dapat menganggu guru dalam menjalankan tugas profesinya untuk memperbaiki pendidikan karakter murid,” imbuh dia. (Syamsul Arifin)

Categorised in:

Comment Closed: Pergunu Jombang Desak Komnas HAM Bentuk Divisi Perlindungan Profesi Guru

Sorry, comment are closed for this post.