Mira Aprilia Siswi MAN Tambakberas Jombang Raih Beasiswa Penuh Pada Program Pertukaran Pelajar Tingkat Internasional

Mira Aprilia Siswi MAN Tambakberas Jombang Raih Beasiswa Penuh Pada Program Pertukaran Pelajar Tingkat Internasional

NU Jombang Online,

Mira Aprilia asal Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas (MAN Taras) Kabupaten Jombang, Jawa Timur meraih beasiswa penuh di Amirika selama satu tahun melalui program pertukaran pelajar dari berbagai Negara. Di Indonesia disebutnya dengan Bina Antarbudaya. Program ini bermitra dengan lembaga AFS (Amirican field service) yang merupakan organisasi pertukaran pelajar terbesar di dunia. “beasiswa ini ada periode-periode tertentu, adakalanya satu bulan, dua bulan, enam bulan dan juga bahkan samapi satu tahun. Nah, Mira ini di periode satu tahun dengan besaiswa penuh,” kata Sigit, wali kelas Mira kepada NU Jombang Online. Kamis (03/9) saat ditemui di Kantor MAN Taras.mira

Sigit menjelaskan, beasiswa tersebut diperoleh karena beberapa prestasi yang dimilki siswa kelahiran Purwokerto ini. Di antaranya, penguasaan terhadap bahasa asing, kemampuan beradaptasi dari anekaragam budaya lokal dengan baik dan juga bidang kesenian. “ada beberapa tahap tes yang dilaluinya, bukan hanya dalam bidang penguasaan bahasa ingris, namun juga dalam kemampuan beradaptasi dengan baik dan juga di bidang kepemimpinan untuk memberikan problem solving,” jelasnya.

Sementara dukungan pihak sekolah sangat intens dilakukan dari sebelum-sebelumnya, termasuk pembinaan khusus melalui penataan mental. “kita dengan intensif melakukan binaan-binaan khusus dengan pendekatan-pendakatan tertentu, penataan mental dan pikiran sekalipun,” ujarnya.

Di samping itu, MAN Taras ini memang memiliki visi misi mencetak manusia yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan global serta aktif dalam kegiatan-kegiatan bertaraf internasional, seperti halnya pada program pertukaran pelajar itu. “program itu sangat sesuai dengan visi misi sekolah ini, di antaranya mencetak akhlak mulia, berpengetahuan internasional, juga aktif di kegiatan-kegiatan berkelas internasional,” imbuhnya.

Ia berharap, setelah selesai menempuh peroses belajarnya di Amirika itu dapat membawa budaya dan pola pikir yang baru. Sehingga mutu dan kualitas pendidikan di lembaga sekolahan ini terus meningkat. “pasca itu kami berharap ia dapat memberikan budaya dan pola pikir yang baru pada sekolahan dan teman-temannya di sini, baik dari cara bergaulnya ataupun sisi yang lain,” harapnya. (Syamsul)

Categories: Berita Utama

About Author