LTN-NU Target Terbitkan Buku Berkisah Kiai Se-Jombang

LTN-NU Target Terbitkan Buku Berkisah Kiai Se-Jombang

NU Jombang Online,
Dalam satu periode, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN-NU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menarget terbitkan satu buku berkisah para kiai se-Jombang dengan ditinjau dari berbagai sisi.

“Target kita nanti ada satu buku yang berkisah tentang kiai se-Jombang,” kata Ketua PC LTN-NU Jombang Ainur Rofiq Al-Amin, Kamis (12/4).

Sesuai konsep yang telah dirumuskan di internal pengurus LTN-NU, buku tersebut selain akan mengupas berbagai sisi dari kiai-kiai Jombang, juga akan memuat beragam macam spesifikasi peran masing-masing kiai tersebut. Tak ketinggalan juga para kiai yang memiliki kedekatan khusus dengan para pendiri NU di Jombang.

“Baik kiai pesantren, kiai spiritual, kiai yang punya kaitan dengan NU Jombang zaman old maupun kiai yang punya kisah dengan Mbah Hasyim, Mbah Wahab dan Mbah Bisri Syansuri,” ungkapnya.

Ainur Rafiq menyatakan, ada sekian banyak kiai yang dapat menjadi objek penggalian data buku tersebut, ia meminta kepada tim penulis untuk mulai mengumpulkan dan menyusun data-data tersebut.

“Mulai saat ini sudah bisa mencari data dan menulisnya,” terangnya.

Lebih jauh ia memaparkan beberapa titik yang dapat dijadikan objek penggalian data. Di antaranya Pondok Pesantren Tambakberas, Tebuireng, Denanyar, Peterongan, pesantren yang ada di Kecamatan Diwek, Sumobito, Mojoagung, Perak, Swaru Gayam, orang tua Nurkholis Majid, orang tua Cak Nun, Kiai Nawawi, Ketua NU Jombang pertama dan seterusnya. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author