Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » LFNU Jombang Komit Cetak Kader Falakiyah secara Merata

LFNU Jombang Komit Cetak Kader Falakiyah secara Merata

(154 Views) November 20, 2017 12:04 pm | Published by | No comment

NU Jombang Online,
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang kembali gelar pelatihan Kaderisasi Hisab Rukyah, Minggu (19/11/2017) di Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang. Pelatihan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang digelar sebelumnya pada periode I tahap I.

Ketua PC LFNU Jombang Mujazun mengungkapkan, dirinya dan segenap PC LFNU Jombang yang lain komitmen mencetak kader-kader falakiyah secara merata. Ini dapat dilihat dari delegasi peserta kegiatan yang berasal dari lintas pengurus NU, mulai dari tingkat IPNU-IPPNU, santri dan perwakilan dari MWC NU-MWC NU se Jombang.

“Dalam kegiatan Kederisasi Hisab Rukyah di Pesantren Mambaul Maarif Denanyar diikuti kurang lebih 80 peserta. Mereka terdiri dari IPNU-IPPNU, para santri dan perwakilan MWC NU se Kabupaten Jombang,” katanya.

Dalam pelatihan yang bekerja sama dengan pihak Pesantren Mambaul Maarif ini, Mujazun menyebutnya para peserta disuguhi beberapa materi. Diantaranya, Hisab Awal Waktu Sholat, Hisab Awal Bulan Hijriyah dengan Sistem Ephemeris, Praktik Ngukur Arah Kiblat dan Teknik Rukyatul Hilal.

“Materi-materi tersebut akan mendorong mereka dalam mencetak kader falakiyah ke depan,” kata Mujazun.

Tak hanya itu, setelah pelatihan selesai, dilanjutkan dengan rukyatul hilal tanggal 1 Robiul Awwal 1439 di Markaz Rukyah Lantai III Masjid Jami’ Denanyar Jombang. Para peserta tampak semangat dalam kegiatan praktik ini.

“Semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan ini sangat kami apresiasi meskipun mulai pagi hingga petang hari para peserta tetap semangat dalam mengikuti tahapan-tahapan kaderisasi priode I tahap dua ini,” tuturnya.

Mujazun memaparkan, kegiatan serupa sebagai tindak lanjut dari pelatihan kaderisasi priode I tahap dua ini akan kembali digelar pada Bulan Desember 2017 mendatang. Rencananya akan bekerja sama dengan Pengurus MWC NU Kecamatan Ploso, Jombang.

“Mohon dukungannya, semoga misi kita membentuk dan menyiapkan kader falakiyah, khususnya di tingkat MWC NU bisa berjalan dengan baik dan bisa istiqomah,” ucapanya. (Syamsul Arifin)

Categorised in:

Comment Closed: LFNU Jombang Komit Cetak Kader Falakiyah secara Merata

Sorry, comment are closed for this post.