LFNU Jombang Beri Layanan Pengukuran Arah Kiblat secara Gratis

LFNU Jombang Beri Layanan Pengukuran Arah Kiblat secara Gratis

NU Jombang Online,
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang, Jawa Timur memberikan layanan pengukuran arah kiblat secara gratis kepada masyarakat yang menghendaki.

Ketua PC LFNU Jombang, Mujazun menjelaskan, layanan cuma-cuma ini diharapkan menjadi terobosan yang positif untuk masyarakat, khususnya pengurus masjid dan musholla dalam mengukur arah kiblat yang benar.

“Sudah suatu kewajiban umat Islam untuk shalat menghadap ke kiblat di Masjidil Haram,” katanya kepada NU Online, Senin (11/12/2017).

Mujazun membeberkan, sebelumnya dirinya dan beberapa pengurus Lembaga Falakiyah NU yang lain telah memberikan fasilitas ini kepada warga Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang. Warga setempat, paparnya, hendak membangun musholla baru.

“Saat itu akan dibangun musholla baru. Pengukuran dilakukan dengan theodolit dan mizwala, pada sekitar jam 10.10 WIB dengan nilai azimut qiblat 294° 12’ 26”,” bebernya.

Dalam setiap pengukuran arah kiblat, Mujazun menjelaskan, PC LFNU Jombang akan selalu melibatkan mayarakat yang akan mengerjakan proses pembangunan. Ini dilakukan agar supaya pada saat pembuatan pondasi pekerja memahami dan mengerti garis kiblatnya.

Ia berharap program ini bisa dimanfaatkan oleh semua warga nahdliyin yang berkeinginaan membangun masjid atau musholla baru. “Warga dapat mengirimkan surat kepada kami untuk membantu mengukur arah kiblat menggunakan alat dari kami sesuai perhitungan falak arah kiblat,” pungkasnya. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author